Pasien Positif di Inhu Melonjak, Wisma Atlet Rengat Jadi Tempat Isolasi

INHU, RIAUBERNAS.COM - Dinas Kesehatan dan pihak RSUD Indrasari Rengat menambah ruangan isolasi Covid-19. Pasalnya, pada Minggu (16/5/2021) kemarin tempat tersebut dinyatakan penuh. Hal ini dikarenakan trend positif wabah terus meningkat tiap harinya di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.  

Dari data Dinas kesehatan (Dinkes), hingga saat ini pada Senin (17/5/2021) tercatat sebanyak 2125 pasien terkonfirmasi postif covid-19 penghitungan akumulatif, dengan rincian 60 diantaranya meninggal dunia serta jumlah isolasi mandiri sebanyak 120 orang. Diprediksi lonjakan itu akan terus berlanjut. 

Elis Julinarti selaku Kepala Dinkes Inhu mengatakan ke awak media, bahwa untuk mengantisipasi adanya lonjakan pasien terkonfirmasi postif kita sudah siapkan beberapa tempat isolasi diikuti dengan para tenaga kesehatan yang ada.

"Saat ini penambahan ruangan isolasi tersebut di Wisma Atlet Rengat dengan kapasitas 17 tempat tidur," ujarnya. 

Selain itu pihaknya juga menyiagakan 10 puskesmas se-Kabupaten Inhu dengan klasifikasi memiliki rawat inap. "Untuk di Puskesmas juga sudah kita siagakan dengan keseluruhan ada 20 tempat tidur serta dengan petugas kesehatannya," tambahnya. 

Selanjutnya dari manajemen RSUD Indrasari Rengat juga lakukan langkah yang sama penambahan ruangan isolasi. Jika semula hanya dapat di isi dengan 19 pasien, maka kini mendapat tambahan bagi pasien covid-19 sebanyak 22 tempat tidur yang siap diisi. 

"Penambahan kapasitas ruang isolasi covid-19 disana sudah kali ke dua dilakukan. Hingga dikhawatirkan RSUD tidak lagi dapat menampung pasien terkonfirmasi jika lonjakan kasus tiap harinya akan meningkat," ucap drg Sri Darmayanti.

Melihat kondisi saat ini, direktur rumah sakit khawatir RSUD tidak lagi dapat menampung jika pasien terkonfirmasi terus bertambah mengingat keterbatasan tenaga kesehatan yang ada. RSUD kan juga memberikan pelayanan reguler. Sebenarnya Rumah Sakit akan kewalahan menampung lonjakan pasien, terlebih lagi masyarakat yang mungkin masih saja lalai tentang protokol kesehatan. 

Meskipun demikian, pihaknya tetap fokus pada pelayanan kesehatan terhadap pasien yang sedang menjalani perawatan. "Alhamdulillah, secara keseluruhan kondisi umum pasien yang kita rawat mengalami perbaikan dari awal sebelum masuk," tambahnya. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar