Pelanggar Prokes Covid di Inhu Dikenakan Sanksi 3 Hari Kurungan dan Denda 350 Ribu

INHU, RIAUBERNAS.COM - Mulai besok, para pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 baik yang tidak menggunakan masker maupun pelanggaran Prokes lainya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, akan dikenakan sanksi kurungan badan.

Diterapkanya sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dengan kurungan badan paling lama tiga hari dan denda paling banyak Rp 350 ribu bagi pelanggar prokes di Kabupaten Inhu itu disampaikan Kabag Ops Satpol PP Inhu Aldiar Susenra. 

"Sanksi Tipiring bagi para pelanggar Prokes mulai besok Rabu 5 Mei 2021 akan mulai diterapkan di Inhu, sidang Tipiring dengan sanksi kurungan badan paling lama tiga hari dan denda paling banyak Rp 350 ribu ini akan langsung dilakukan ditempat. Sanksi tegas bagi para pelanggar Prokes ini dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19 dan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 yang kian marak," ujarnya Aldiar, Selasa (4/5/2021).

Dalam pelaksanaan penerapan Sidang Tipiring Ditempat bagi para pelanggar Prokes di Inhu, Pemkab Inhu menggunakan dasar Perda Propinsi Riau nomor 4 tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan, untuk itu Satpol PP Inhu telah menyiapkan tiga orang personil PPNS dan 20 orang personil Satpol PP lainya untuk pelaksanaan razia dilapangan. 

"Sidang Tipiring Ditempat ini akan dilakukan di seluruh Inhu mulai dari tanggal 5 hingga 12 Mei 2021, dengan melibatkan seluruh instansi yang ada, baik Pengadilan Negeri, Kepolisian dan lainnya. Hal ini sebagai tindak lanjut dari rapat yang digelar pada hari ini di ruang rapat Narasinga yang dilakukan bersama Forkompinda dan perangkat daerah terkait," ungkapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat Melinda Aritonang menyatakan, kesiapan pihaknya dalam pelaksanaan Sidang Tipiring Ditempat bagi para pelanggar Prokes di Inhu. 

"PN Rengat siap untuk melaksanakan Sidang Tipiring Ditempat bagi para pelanggar Prokes yang ada di Inhu, demikian juga untuk para hakim yang akan bertugas nantinya sudah kami siapkan. Semoga dengan penerapan disiplin Prokes ini, penyebaran Covid-19 di Inhu dapat dikendalikan dan angka penyebaran Covid-19 dapat lebih ditekan. Pada intinya apa yang dilakukan ini adalah untuk kebaikan kita semua, dalam mengatasi Pandemi Covid-19," jelasnya. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar