Aksi Sosial Brigadir Doni Malindo

Urus ODGJ Sampai Sembuh dan Pertemukan Dengan Pihak Keluarga

INHU, RIAUBERNAS.COM - Disamping kesibukannya sebagai anggota Polri yang bertugas di Polres Indragiri Hulu (Inhu) Riau, Brigadir Doni Malindo juga menyempatkan diri melaksanakan kegiatan sosial ditengah masyarakat, baik mengurusi Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) maupun kegiatan sosial lainnya.

Brigadir Doni Malindo saat melakukan aksi sosialnya selalu didampingi sang istri. Dengan mengunakan dana pribadinya, dan bahkan Brigadir malindo bercita-cita ingin membangun rumah singah dengan biaya sendiri, hal tersebut terinspirasi atas kegiatan sosial yang ia lakukan setiap harinya.

Bahkan dua bulan lalu tepatnya bulan Februari 2021 Brigadir Doni Malindo sempat mengurus Sella yang menderita ganguan jiwa hingga sembuh dan mempertemukan dengan pihak keluarganya di Pulau Jawa, dimana Sella sudah berpisah dengan keluarganya selama 18 tahun. 

Kali ini aksi serupa juga dilakukan terhadap warga Medan dengan suku Nias, yang mengalami hal serupa seperti Sella, yaitu mengalami ganguan jiwa dan terpisah dengan pihak keluarga.

Berkat jiwa sosial yang tinggi Polisi ini, orang dengan gangguan jiwa asal Medan itu kini sudah sembuh dan berkumpul dengan pihak keluarganya di Medan.

Sedikit cerita kronologis, bagaimana cara Brigadir Doni Malindo menemukan pihak keluarganya, tentu tidak semudah itu, pasalnya orang ini mengalami ganguan jiwa bahkan bisa membahayakan orang lain.

"Awalnya saya menolong ODGJ ini dengan iklas dan memperlakukannya seperti manusia normal lainnya, tanpa rasa takut saya mencoba mendekati orang Suku Nias ini dan mencoba berkomunikasi, namun tidak berhasil," cerita Brigadir Doni Malindo, Minggu 24 April 2021.

Namun karena niat yang tulus, Polisi ini tidak menyerah sampai disitu saja. Satu minggu kemudian, dirinya mencoba kembali mendekati ODGJ tersebut, dan ada perkembangan sedikit bisa berkomunikasi. Setelah bisa diajak komunikasi, Brigadir Doni Malindo akhirnya memotong rambut serta memandikan Orang Nias ini dengan tulus hingga bersih serta memberikan pakaian layak pakai.

"Setelah bersih dan tenang, saya bersama istri membawa ODGJ ini ke Rumah Sakit Jiwa Pekanbaru untuk mendapatkan perobatan serta penanganan khusus agar dia bisa sembuh," ungkap Polisi ini dengan sedih.

Sesampai di Rumah sakit Jiwa Pekanbaru Doni Malindo harus mengurus semua administrasi dan pertangung jawaban keberadaannya saat di rawat, karena tidak ada pihak keluarga, Brigadir Doni Malindo akhirnya menjamin bertangung jawab atas keberadaannya selama dirawat.

"Jangankan pihak keluarga, nama dia saja kita tidak tau. Namun karena niat iklas tulus serta dorongan semangat istri, saya tetap memberikan jaminan hingga ia sembuh dirawat di Rumah Sakit Jiwa. Untuk biaya perawatan rumah sakit gratis bermodalkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Inhu, namun kita hanya mengeluarkan biaya transportasi saja," ungkap Doni.

Singkat cerita, Akhirnya perjuangan dan niat tulus Brigadir Doni Malindo beserta istrinya membuahkan hasil serta mendapat kabar gembira dari rumah sakit jiwa, bahwasannya ODGJ yang di rawat sudah sembuh dan bisa pulang.

"Alhamdulialh kurang lebih dua bulan di rawat di rumah sakit Pekanbaru, ODGJ sembuh dan Saya beserta istri membawa pulang. Kemudian kami mencoba mencari pihak keluarga melalui Medsos dengan memposting foto maupun Videonya. Berkat bantuan teman-teman, Pihak keluarganya bisa mengenali dirinya dan mencoba menghubungi kami," jelasnya. 

Setelah mengetahui pihak keluarganya, ternyata ODGJ yang sembuh ini bernama Sitina Zebua warga Nias asal Medan yang suaminya bernama anton Zega berada di Provinsi Aceh sedang bekerja.

"Akhirnya Sitina Zebua bisa bertemu dengan pihak keluarganya, dan dijemput oleh anaknya dari Medan, karena suami jauh di Aceh jadi tidak bisa menjemput istrinya. Kami hanya mengantar Sitina sampai di Pekanbaru dan kami memberikan ongkos pulang ke Medan. Kami sangat terharu saat Sitina bertemu dangan pihak keluarga," tutup Brigadir Doni Malindo.

Dikesempatan ini, Brigadir Doni Malindo berharap dan meminta doa serta dukungan kepada masyarakat, agar cita-citanya ingin membagun rumah singgah segera tercapai. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar