Cegah Karhutla, Serda Sarju Cek Kebun Warga Dengan Sepeda motor

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Kampung Tualang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Sarju melakukan pengecekan kebun warga dan Embung Penampungan air dengan menggunakan sepeda motor.

Cara itu dilakukan Serda Sarju bersama Bhabinkabtimas Polsek Tualang Brigadir Eko dan perwakilan masyarakat untuk mempertambah jarak tempuh mengingatkan situasi di bulan Ramadhan.
"Menggunakan sepeda motor kita lakukan merupakan cara efektif untuk menjangkau area yang lebih luas kepada daerah rawan Karhutla," kata Serda Sarju kepada Riau Bernas, Selasa (20/4/2021).

Dalam penyisiran bersama Sepeda motor, dirinya bersama Bhabinkabtimas melihat langsung ketersediaan air di parit maupun Embung penampungan air di Kampung Tualang. "Itu wajib kita lakukan pengecekan air, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, kita dengan sigap memadamkan api, karena ketersediaan air sangat memadai," tambah dia. 

Serda Sarju juga memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya Karhutla dengan tidak membakar sampah kebun seperti tumpukan kayu maupun rumput kering. "Apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap di Pidana," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar