Terkait Karhutla, Effendi Sihombing: Lebih Baik Mencegah Dari Pada Harus Berjibaku Padamkan Api

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Kecamatan Koto Gasib, Danramil Perawang Kapten Inf Effendi Sihombing, bersama instansi lain menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di halaman kantor Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak, Jum'at (5/2/2021).

Hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla itu, Camat Koto gasib Dicky Sofyan, S.STP, Kapolsek Koto gasib Ipda Suryawan F, SE, Kades se Kecamatan Koto Gasib, Bhabinsa se Kecamatan Koto Gasib, Personel Polsek Koto Gasib, Damkar perusahaan se Kecamatan Koto Gasib, MPA se Kecamatan Koto Gasib, Tim Pemadam dari PT. KTU Astra, BPBD Cluster 3.

Bertindak selaku Komandan Apel Serka Edi S dan Pimpinan Apel Camat Koto Gasib Dicky Sofyan, S.STP. 

Danramil Perawang Kodim 0303/Bengkalis Kapten Inf Effendi Sihombing mengajak semua pihak terutama warga untuk mencegah terjadinya karhutla. “Mencegah lebih baik dari pada mengatasi. Hal itu dilakukan atas kerja sama semua pihak. Meski tidak mudah, namun kita harus melakukannya jika kita tidak ingin ada karhutla di wilayah Koto Gasib,” ungkap Danramil.

Dijelaskannya, bahwa tim Satgas Karhutla Kecamatan Koto Gasib yang memang sangat aktif. Satgas ini tidak hanya melibatkan personel Polsek, tapi juga pemerintah kecamatan dan kampung, organisasi dan perusahaan, tapi juga Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Tidak hanya mengkampanyekan bahaya karhutla untuk kesehatan, keselamatan, dan lingkungan. Tapi juga bagaimana waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan jika kebakaran lahan terjadi,” jelasnya.

Perihal apel Kesiapsiagaan dilakukan guna memastikan kesiapan tim dan personel serta peralatan. "Lebih baik mencegah dari pada harus berjibaku memadamkan kebakaran hutan maupun lahan,” imbuhnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar