Program Genjot PAD Dari Segi Pajak Tidak Berjalan Mulus, Samkel Sungai Mandau Sepi Peminat

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Program menggenjot Pendapatan asli Daerah (PAD) dari segi pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Siak tidak berjalan mulus. Pasalnya, Program Dispenda Provinsi Riau untuk menggenjot pajak langsung menjemput bola dengan bidang Samsat keliling (Samkel) di Kecamatan Sungai Mandau sepi peminat.

Hal itu terlihat di halaman Kecamatan Sungai Mandau, mobil yang membawa Petugas Samsat baik itu dari Dispenda, maupun pihak kepolisian terlihat santai dan kursi pengurus wajib pajak masih kosong, pertanda belum ada masyarakat yang mau mengurus pajak kendaraan bermotor.

Berdasarkan informasi yang berhasil di himpun Riau Bernas, bahwa jumlah penduduk Sungai Mandau berkisar 6000 lebih, namun rumah dan jarak lokasi pembayaran pajak cukup jauh dari rumah warga. 

Ketika Riau Bernas mengkonfirmasi terkait sepi peminat kepada petugas UPT Dispenda Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, Mulhelfis, membenarkan bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor sepi peminat di Kecamatan Sungai Mandau. 

"Kalau kemarin lumayan ramai, Minggu kedua di Sungai Mandau kali ini sepi dikarenakan jarak rumah warga wajib pajak jauh dari tempat pembayaran pajak Samsat keliling ini," jelas Mulhelfis kepada Riau Bernas, Selasa (19/1/2021).

Dijelaskan Mulhelfis, bahwa tingginya masyarakat membayar pajak itu terjadinya di Kecamatan Minas dan Lubuk Dalam. 
"Nanti kita akan evaluasi dan berkordinasi dengan pak camat terkait ini. Sementara yang sudah membayar pajak kendaraan bermotor sudah ada 5 orang," jelas Mulhelfis. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala UPT Dispenda Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, M. Ari Dwi Wahyudi, ST. Ia tetap mencoba, meskipun tantangannya ada, seperti ini. 
Tapi hadirnya Samkel di harapkan memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak.

"Kehadiran masyarakat yang berkunjung, pasti fluktuatif, adakalanya ramai adakalanya sepi, tentu akan menjadi bahan evaluasi kami. Yang jelas dalam bulan Januari ini kita jalankan sesuai dengan jadwal yang sudah ada," tandasnya.

Seperti diketahui bahwa program Samkel ini merupakan inovasi dari Dispenda Provinsi Riau untuk menggenjot pajak dari bidang kendaraan bermotor di Kabupaten Siak. Adapun Kecamatan se Kabupaten Siak yang diprogram Samkel ini sebanyak 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Sungai Mandau, Minas, Koto Gasib, Sabak Auh, dan Lubuk dalam.

Camat Sungai Mandau Yudha Rajasa mengatakan, bahwa Samkel sudah dua kali hadir di Kecamatan Sungai Mandau. "Samkel sudah 2 kali hadir di Kecamatan Sungai Mandau, sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan, serupa dengan 4 Kecamatan lainnya yang juga mendapatkan pelayanan yang sama," ujar Camat. 

Camat menyebutkan, bahwa sudah jauh jauh hari menyampaikan ke masyarakat tentang pelayanan Samkel ini. "Pelayanan Samkel ini, juga sudah kami informasikan kepada masyarakat," imbuhnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar