Pemdes Pulau Cawan Tawarkan Paket Wisata Pantai Solop

Istimewa

INDRAGIRI HILIR, RIAUBERNAS.com - Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Pantai solop, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar, Pemkab Inhil melalui satuan kerjanyanya yaitu Dinas Pemuda Olahraga Budaya Pariwisata (Disporabudpar) kini memfasilitasi penduduk setempat guna mengembangkan objek wisata favorit masyarakat tersebut.

"Jadi sifatnya kita hanya memfasilitasi saja, sedangkan untuk mengembangkan dan mengelolanya diserahkan sepenuhnya pada pemerintah Desa," kata Kepala Disporabudpar, Junaidi, pada riaubernas.com, Kamis (11/02/16).

Junaidi mengatakan wisata Pantai Solop memiliki pemandangan yang mengesankan serta memiliki keunikan tersendiri, yang tidak terdapat di pantai-pantai lain di Indonesia. Ini yang membuat Pantai Solop yang ada di Desa Pulau cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) menjadi salah satu objek wisata favorit bagi masyarakat setempat.

"Keunikan yang dimiliki pantai Solop ialah pasir putih yang merupakan pasir dari fosil hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya, sehingga pasir ini dikenal dengan nama Pasir Sersak," ujarnya.

Lanjutnya, selain dapat menikmati keindahan pantai dengan Pasir sersaknya para pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan Mangrove sepanjang mata memandang, yang tidak tertandingi yang mengelilingi Pantai Solop ini.

"Karena itu, pemerintah desa di sana kini menyediakan berbagai sarana wisata guna menggenjot potensi Pantai Solop," ujarnya.

Jadi saat ini, katanya, cukup dengan mengambil paket hemat yang akan merogoh kantong sebesar Rp. 170.000,- sudah bisa menikmati liburan akhir pekan di Pantai Solop. Paket tersebut adalah untuk biaya transportasi (speedboat) pergi-pulang. Rencananya, paket wisata di Pantai Solop ini akan dimulai tanggal 13-14 ini, dengan makan siang yang telah disediakan oleh masyarakat sana.

"Para pengunjung juga akan disuguhkan dengan kesegaran air kelapa muda yang dipetik langsung oleh masyarakat yang ada di pantai solop," Sambungnya lagi.

Tidak hanya itu, seperti halnya pantai-pantai lain para pengunjung akan dapat menikmati Permainan air seperti Banana Boat pun akan dihadirkan di Pantai solop ini.

"Seperti pantai-pantai lainnya kita juga akan menyediakan permainan air banana boat. Insha Allah, kalau tidak ada aral melintang 2 buah banana boat itu akan didatangkan oleh pihak pengelola ke Pantai Solop, dalam minggu ini. Saya dapat kabar dari pihak pengelola sudah di Pekanbaru," ungkapnya.

Untuk diketahui, Pantai Solop sendiri dapat ditempuh dengan jalur laut sekitar 1,5-2 jam dari Ibukota Kabupaten Inhil yakni Tembilahan. (adv/hms/Adt)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar