Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Pemberdayaan Wanita, Pertamina EP Lirik Field Bantu KWT Mekar Sari

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebagai anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, PT. Pertamina EP memiliki tugas utama mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung ketahanan energi nasional. Sejalan dengan hal tersebut, PT. Pertamina EP turut melaksanakan program pemberdayaan masyarakat sebagai wujud komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah kerja.

Sebagai wujud komitmen dan kepedulian itu, pada Kamis tanggal 17 September 2020 kemarin, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field kembali melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di bidang perekonomian bagi perempuan dengan memberikan bantuan peralatan produksi bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari, yang berada di Kelurahan Ukui I, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Tepatnya di dapur produksi KWT Mekar Sari, yang sekaligus merupakan kediaman Saliyem. 

Seperti diketahui, KWT Mekar Sari memiliki kegiatan utama yaitu memproduksi olahan makanan yang terbuat dari tepung biji karet, bahan makanan lokal yang belum banyak dimanfaatkan. Usaha makanan dalam skala industri rumah tangga yang dilaksanakan oleh kelompok menghasilkan beberapa produk, antara lain BROWJIKA (Brownies Biji Karet), kerupuk, tortila, dan peyek.

Penyerahan bantuan peralatan produksi tersebut, merupakan salah satu upaya mendukung pemberdayaan perempuan dengan pelibatan aktif pada kegiatan perekonomian, hal ini sesuai dengan poin ke-5 dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) yaitu mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 

Ketua kelompok KWT Mekar Sari Saliyem, usai menerima bantuan, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Pertamina EP Lirik Field yang telah memberikan bantuan berupa peralatan produksi bagi kelompok. 

“Saya mewakili kelompok, sangat berterima kasih kepada Pertamina EP Lirik yang sudah mendorong kegiatan kelompok kami. Kami juga sangat senang, karena sudah dibantu untuk kegiatan perizinan produk makanan kami, sehingga kami bisa memasarkan lebih luas lagi nanti. Semoga kami juga bisa semakin maju dengan semua bantuan yang sudah diberikan ini ” terangnya. 

Terpisah, Lirik Field Manager Kurniawan Triyo Widodo ketika dikonfirmasi media ini menyampaikan harapannya, mudah-mudahan bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi kelompok binaan. 

“Bantuan alat produksi yang kami berikan ini didasarkan atas identifikasi kebutuhan yang dilaksanakan oleh kelompok itu sendiri, sehingga kami sangat berharap apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat dalam peningkatan produktifitas kelompok ke depannya,” ungkap Kurniawan Triyo Widodo. 

Lanjut Kurniawan, adapun bantuan yang diserahkan berupa beberapa alat produksi seperti kompor, lemari display, oven, mixer, wajan, toples penyimpanan, packaging baru, dan bahan-bahan makanan seperti tepung terigu dan tepung tapioka. 

"Selain itu, bekerjasama dengan dinas terkait, Pertamina EP Lirik Field juga sedang membantu KWT Mekar Sari untuk mendapatkan izin edar makanan, baik P-IRT dan sertifikat BPOM agar produk  yang dihasilkan dapat dipasarkan lebih luas lagi," pungkasnya. (***)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar