Sertu Ardian Agus Lakukan Sosialisasi Karhutla di Kuala Gasib

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Kuala Gasib Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Ardian Agus meminta masyarakat agar jangan membakar hutan dan lahan. Hal itu disampaikan Sertu Ardian Agus saat melakukan sosialisasi Karhutla ke masyarakat Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak, Senin (25/10/2021).

Saat melakukan sosialisasi, Sertu Ardian Agus bersama masyarakat menyisir hutan dan lahan yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Dalam melakukan penyisiran bersama masyarakat Ia tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Kuala Gasib nihil dari titik api," kata dia.

Perihal membuka lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," ingat dia. 

Dijelaskannya, dampak dari Karhutla ini sangat besar yaitu bisa merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara, maka jangan lakukan itu.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, hal itu sangat terbantu memberi pemahaman. "Masyarakat Kuala Gasib berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, apabila terbukti, mereka siap di hukum," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar