Ketua PGRI Riau Minta Disdik Pelalawan Segera Cairkan Dana BOSDA

Ketua PGRI Riau, M.Syafi'i

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau meminta agar Dinas Pendidikan Pelalawan segera mencairkan dana BOSDA yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pelalawan. Pasalnya, sudah 4 bulan ini para tenaga honorer di sekolah-sekolah, yang rata-rata mengandalkan honor dari ekstrakurikuler di samping gaji honor yang tak seberapa, belum mendapatkan haknya.

"Selain gaji honor, ya honor kegiatan eksrakurikuler lah yang diharapkan para honor. Misalnya, guru honor yang melatih karate, pramuka dan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler lainnya, mereka berharap honor dari ekstrakurikuler itu bisa cair secepatnya," kata Ketua PGRI Riau, M. Syafii, pada media ini, Senin (11/4/2020).

Syafii mengatakan bahwa banyak juga guru-guru honorer yang tergantung gajinya dari kegiatan tersebut. Belum lagi misalnya, ada pelatih dari luar yang mengajar ekstrakurikuler di suatu sekolah, juga mengharapkan agar honor ekstrakurikuler itu segera cair.

"Karena itu, kami dari PGRI Riau meminta agar Pemda Pelalawan dalam hal ini Disdik Pelalawan segera mencairkan dana Bosda tersebut," ujarnya.

Terpisah, Kabid Pendidikan SD/MI Dinas Pendidikan Pelalawan, Martias, dikonfirmasi soal ini mengakui bahwa dana BOSDA Pelalawan memang belum cair sampai saat ini. Permintaan-permintaan dari sekolah terkait permohonan dana BOSDA, diperkirakan akan cair dalam 1-2 hari ini.

"Memang belum cair. Permintaan sekolah soal permohonan dana BOSDA sudah lama kami terima tapi karena terkendala Covid-19 ini, hingga proses pencairan ini banyak kendala. Tapi insha Allah, untuk permohonan dari sekolah yang sudah masuk lama, dalam waktu 1-2 hari ini akan cair ke sekolah masing-masing, sesuai kebutuhan sekolah amsing-masing," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk persoalan dana BOSDA itu tergantung dari permintaan sekolah sesuai kebutuhan sekolah tersebut. Jadi masing-masing sekolah permintaan nilai nominal BOSDA-nya berbeda-beda, tergantung kebutuhan sekolah bersangkutan. Dana BOSDA sendiri digunakan untuk menunjang kegiatan di suatu sekolah. (ndy)   
 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar