Dihadiri Bupati Inhu, Hendry, S.Sos Lantik Anggota BPD 16 Desa Se Kecamatan Rengat Barat

RENGAT, RIAUBERNAS.COM - Setelah melalui beberapa tahapan dan proses pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Rengat Barat tahun 2020-2026, hari ini, Rabu (9/9/2020) Camat Rengat Barat Hendry, S.Sos mengambil sumpah jabatan anggota BPD terpilih di 16 Desa se Kecamatan Rengat Barat di halaman kantor Camat Rengat Barat.

Adapun anggota BPD yang diambil sumpah jabatannya, antara lain: Desa Air Jernih, Desa Barangan, Desa Danau Baru, Desa Danau Tiga, Desa Kota Lama, Desa Pematang Jaya, Fesa Redang, Desa Tanah Datar, Desa Rantau Bakung, Desa Pekan Heran, Desa Sialang Dua Dahan, Desa Sungai Dawu, Desa Alang Kepayang, Desa Talang Jerinjing, dan dua Desa PAW Sei Baung serta PAW Tani Makmur.

"Pengucapan sumpah janji jabatan di ikuti anggota BPD di 14 Desa dan Dua PAW untuk Priode 2020-2026, Proses cukup panjang dalam melaksanakan pemilihan anggota BPD baru dikarenakan terkendala oleh wabah Pendemi Covid-19, namun Alhamdulilah semua berjalan baik," jelas Camat Rengat Barat Hendry S.Sos, (9/9/2020). 

Hendry menjelaskan, pola pengisian anggota ini ada dua pola, secara langsung dan musyawarah perwakilan. Mengingat Pendemi masih berlangsung, pihak panitia melaksanakan pola musyawarah perwakilan perdusun di setiap Desa.

"Setelah diterbitkan keputusan, diambil sumpah janji sebagaimana dilaksanakan tadi. Pada kesempatan ini, kami memohon kepada pak bupati melalui Dinas PMD, dapat memberikan pelatihan masa tugas dan memahami tupoksi sebagai anggota BPD. Dan nantinya diharapkan kepada seluruh anggota BPD yang baru saja dilantik agar mengisi keanggotaannya sesuai dengan Perbub dalam pengisian ke lembagaannya. Berembuk menentukan satu orang ketua dan satu orang sekertaris," harap Hendry.

Sementara, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE saat menghadiri pelantikan mengatakan, bahwa di Inhu sudah 900 orang anggota BPD yang silantik, termasuk di Kecamatan Rengat Barat. Masih ada empat kecamatan lagi yang belum di lantik, yaitu Kecamatan Kuala Cenaku, Rengat, Rakit Kulim dan Kecamatan Peranap.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yopi mengharapkan agar hubungan BPD dan kades harus bersinergi, waktu 6 tahun tidaklah lama dalam menjabat, mari majukan Desa, Majukan Kabupaten. Sinergi sangtlah utama, dan saling bekerjasama. 

"Libatkan kebijakan BPD dalam mensejahterakan masyarakat, bagaimana cara menjemput bola dalam memberikan pelayanan yang baik," kata Bupati Yopi Arianto, SE.

Bupati Yopi Arianto juga berpesan kepada seluruh anggota BPD yang baru saja dilantik, setiap anggota BPD harus mengetahui tupoksinya dengan meningkatkan kapasitas melalui pelatihan, Selalu bersinergi dengan lembaga Desa dalam proses pembangunan, Melayani dengan baik dan BPD harus berdemokrasi jangan sampai diam dalam mengawasi pembagunan di Desa.

"BPD harus kritis, BPD juga harus Inovasi dan kreatif, bagaimana menumbuhkan perekonomian di Desa," tutup Yopi Arianto.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut, Kapolsek Rengat Barat, Danramil, dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Rengat Barat. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar