Air Masih Basahi Gambut Sungai Mandau, Sungai Mandau Nihil Dari Titik Api

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kapolsek Sungai Mandau bersama Pihak PT. Arara Abadi Distrik Duri 1 dan pemerintah Kecamatan Sungai Mandau, melaksanakan patroli Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sepanjang Sungai Mandau dengang menggunakan 2 unit speed boat milik PT. Arara Abadi, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam peninjauan itu, kondisi tanah gambut disepanjang lahan sungai Mandau, terlihat  air masih membasahi lahan gambut yang dinilai rawan terbakar apabila musim kemarau.

"Hasil peninjauan sepanjang aliran Sungai Mandau tidak terdapat titik api dan ketinggian air masih membasahi lahan gambut yang rawan terbakar, apabila musim kemarau datang," ungkap Kapolsek Sungai Mandau IPTU Siswoyo, kepada Riau Bernas di Sungai Mandau.

Selanjutnya, personil Polsek Sungai Mandau bersama Tim RPK PT. Arara abadi dan Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau yang diwakili oleh Sekcam Sungai Mandau M. Rasyid, S.Pd, dan Kasi trantib Sungai Mandau Tamren A.Md, melakukan pengecekan terhadap beberapa titik rawan Karhutla di Kampung Muara Bungkal dan Kampung Lubuk Umbut.

Kegiatan Patroli dilaksanakan dari jembatan Gantung Kampung Muara Bungkal sampai dengan Pos Karhutla Terpadu PT. Arara Abadi perbatasan Kampung Lubuk Umbut Kabupaten Siak dengan Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.

"Alhamdulillah, kondisi masih aman dari titik api. Namun kita terus melakukan patroli rutin secara ketat agar bisa mendeteksi sedini mungkin titik api. Kita berharap kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan secara membakar apalagi dilahan gambut saat musim kemarau berlangsung," harap Kapolsek. 

Sekiram jam 14.00 WIB, Giat patroli karhutla disepanjang Sungai Mandau Kecamatan Sungai Mandau selesai dilaksanakan. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar