Jaga Pasokan Listrik, PLN Siaga 24 Jam di Tengah Wabah Covid-19

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM - Di tengah pandemik COVID-19 dengan risiko yang cukup tinggi petugas PLN bisa terpapar Virus Corona tersebut, PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) tetap berkomitmen terus siaga 24 Jam untuk memastikan bahwa pasokan listrik ke Rumah Sakit- Rumah Sakit rujukan COVID-19, obyek Vital lainnya serta pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan tetap terjaga dengan baik.

“Listrik adalah kebutuhan yang sangat Vital, bagaikan nyawa dan harus tetap ada, kami berkomitmen dan  terus berupaya memastikan pasokan listrik tetap aman demikian juga pelayanan secara online terus kami lakukan agar pelanggan bisa mengakses layanan kami tanpa harus ke luar rumah atau ke kantor PLN” kata Daru Tri Tjahjono selaku General Manager PLN UIWRKR, kemarin.

Dia mengatakan bahwa di tengah pandemik COVID-19, PLN telah menyiapkan petugas untuk selalu menjaga pasokan listrik yaitu Dispatcher, Operator, Petugas Pemeliharaan, Petugas penanganan gangguan, Regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB)/offline, call center, Security, Pengemudi, petugas medis/paramedis, pelaksana dan pengawas proyek akan tetap bekerja seperti biasa namun tetap Disiplin dalam mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

“Kami sangat menyadari listrik tidak bisa berhenti beroperasi dan petugas kami yang bekerja dilapangan siang maupun malam tanpa mengenal waktu demi memastikan terlayaninya  kebutuhan listrik pelanggan dan dalam menjaga listrik tetap hidup, petugas kami sangat beresiko terpapar COVID-19," katanya. 

Di samping itu, PLN UIWRKR menghimbau kepada masyarakat dalam melaporkan pengaduan agar memanfaatkan layanan PLN secara Online. Diantaranya, Contact Center PLN 123 atau melalui Handphone (Kode Area)+123, website www.pln.co.id, dan mengunduh aplikasi PLN Mobile.

“Banyak kanal yang dapat diakses oleh masyarakat tanpa harus datang langsung ke kantor PLN diharapkan hal ini untuk memutus rantai paparan COVID-19, bagi pelanggan yang akan melakukan pembayaran tagihan dapat dilakukan secara online melalui banyak sarana yang berbasis aplikasi seperti Mobile banking ,Internet banking, SMS Banking, Aplikasi Financial Technology, ATM ,Payment Point Online dan Auto Debet,” ujarnya.

Lanjutnya, jika ada pelanggan maupun masyarakat akan menyampaikan keluhan secara langsung ke kantor layanan PLN, Maka  PLN telah menetapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti pemakaian masker, mencuci tangan, hand sanitizer, Physical Distancing,  bagi seluruh pegawai dan khususnya bagi pegawai yang berkerja di Frontliner seperti Resepsionis, Layanan Teknik dan Customer Services harus selalu menjaga kebersihan dan meminimalisir resiko terpapar Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19.
 
Diakhir penjelasannya, dia menghimbau dan mengharapkan bantuan serta kerjasama  seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga asset jaringan PLN yang tersebar dimana-mana. Dan jika ada kondisi yang membahayakan dan dapat mengganggu keselamatan maupun keandalan jaringan pelayanan pada masyarakat/pelanggan tidak terganggu mohon dilaporkan ke PLN untuk segera di tindaklanjuti.

"Apalagi saat ini sangat maraknya permainan layang-layang yang dapat berdampak gangguan dan padamnya listrik jika benang dan layang-layang tersebut menyangkut di jaringan Listrik PLN sehingga mengakibatkan korsleting," tukasnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar