Serda Laila Syahdanur Lakukan sosialisasi Dan Patroli Karhutla di Empang Pandan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Empang Pandan Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Laila Syahdanur melakukan sosialisasi dan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama perwakilan masyarakat di lahan yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kampung Empang Pandan Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Dalam patroli dan melakukan penyisiran itu, dirinya bersama masyarakat tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Empang Pandan nihil dari titik api," kata Serda Laila Syahdanur kepada Riau Bernas, Sabtu (7/8/2021).

Ia menjelaskan kepada masyarakat tentang dampak dari karhutla yaitu 
Menyebabkan kerusakan ekosistem hutan serta menyebabkan polusi udara. "Kita ingin masyarakat jangan membakar hutan dan lahan, kan masih ada cara lain untuk membersihkan hutan dan lahan, bisa menggunakan alat berat atau bersihkan secara manual," jelas dia. 

Dijelaskannya, bahwa apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, petugas akan kesulitan memadamkan api, karena
Kondisi lahan saat ini gambut dan mudah terbakar, sekali terbakar cepat meluas, maka masyarakat jangan lakukan itu.

"Apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, maka pelaku tersebut akan di penjara paling lama 10 tahun," tegas dia. 

Masyarakat Empang Pandan mengaku setuju dengan Kegiatan Sosialisasi tersebut. "Dan berjanji tidak akan melakukan pembakaran hutan dan lahan, apabila terjadi mereka siap di proses secara hukum," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar