Tidak Pakai Masker, Warga Kandis Disuruh Putar Balik

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ternyata masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran Pemerintah tentang menggunakan masker saat berada di luar rumah, padahal itu diyakini sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi corona (Covid-19).

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kandis mengambil tindakan tegas dengan meminta masyarakat kembali balik kanan atau pulang ke rumah bagi yang keluar tidak menggunakan masker. Meski berbagai alasan dilontarkan warga yang mengaku ketinggalan di rumah atau tidak memiliki masker. 

Tindakan tegas itu diambil oleh Pemcam Kandis, guna mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Kandis, mengingat salah satu warga Kandis yang positif Covid-19 saat ini telah dinyatakan sembuh dan berada di rumah.

Camat Kandis, Said Irwan, S.E mengatakan, gugus tugas penanganan Covid-19 Kecamatan Kandis mengambil langkah tegas bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker ketika berada di luar rumah, dengan disuruh balik kanan atau pulang kerumah seperti di wilayah Libo.

"Kami suruh pulang untuk mengambil atau memakai masker. Padahal penggunaan masker merupakan salah satu antisipasi penularan dan terpapar dari virus corona," ujar mantan Sekcam Kandis itu.

Said Irwan menambahkan, bahwa banyak alasan warga tidak pakai masker, salah satunya dengan alasan  masker tertinggal di rumah dan lupa memakainya. "Apapun alasannya tetap diharuskan pulang ke rumah dan bisa melanjutkan perjalanan dengan syarat menggunakan masker," tegasnya.

Said Irwan mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga jarak aman, tidak berkerumun, dan selalu menjaga kebersihan, serta mencuci tangan menggunakan sabun. Juga melakukan patroli oleh tim gugus tugas di malam hari, bagi warga yang melanggar jam malam di atas pukul 21.00 Wib. 

"Edukasi terus kami lakukan agar masyarakat Kandis lebih meningkatkan disiplin dalam mencegah virus corona. Lebih utama jaga jarak aman dan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan," katanya.

Disamping itu juga, untuk wilayah perbatasan dengan daerah lain, lanjut Said Irwan, dilakukan pengawasan dan pemantauan terhadap masyarakat yang keluar masuk Kecamatan Kandis dengan mempertanyakan tujuan dan melakukan cek suhu.

"Saat ini ada tiga pos pantau di Kecamatan Kandis, yakni di Simpang Gelombang, Libo ,dan Belutu. Yang bertujuan memutuskan mata rantai penyebaran virus corona," papar camat Kandis Said Irwan, Minggu (10/5/2020). (Adv/Van)


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar