Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Desa Kuala Tolam Bentuk Kampung Siaga

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 serta memutus mata rantai penyebarannya, Kepala Desa Kuala Tolam bersama BLUD Puskesmas Pelalawan mensosialisasikan penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19 kepada masyarakat, serta membentuk Satgas siaga Covid-19 yang melibatkan perangkat RT/RW, serta masyarakat, pada Rabu (15/04/2020).

Asmawati, S.KM, selaku Kepala BLUD Puskesmas Pelalawan bersama tenaga medis, melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Covid-19 kepada masyarakat Desa Kuala Tolam. 

Asmawati mengajak masyarakat untuk bisa bekerja sama mengikuti aturan yang telah dibuat pemerintah dalam pencegahan penyebaran Virus Covid-19 dengan cara memakai masker jika bepergian keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, menghindari perkumpulan, dan memantau warga dari luar daerah masuk ke kampung. 

"Jika mengalami gejala sakit tenggorokan, flu dan demam tinggi, agar segera memeriksakan kondisi ke puskesmas terdekat," imbaunya. 

Kepala Desa Kuala Tolam Rupardi, yang diwakili oleh Sekretaris Desa Edi Jasman, menyatakan siap memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona di Desa Kuala tolam. "Kita semua tidak mau ada warga yang terkena Virus Covid-19. Dengan ini kami bersama RT/RW, siap bekerja sama bersama masyarakat membentuk kampung siaga untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di kampung kita ini," katanya.

Edi juga menjelaskan, bahwa Satgas siaga akan dibentuk mulai dari tingkat RT hingga desa. "Untuk merealisasikan kampung siaga Covid-19, kami membentuk satgas siaga tingkat RT/RW dan desa. Keamanan desa juga akan ditingkatkan dengan membuat pos-pos jaga Covid-19, mengaktifkan sistem informasi dengan membuat group WA agar memantau dan mengetahui dengan cepat laporan dari warga. Satgas juga akan memantau warga-warga yang masih berkumpul atau membuat kerumunan," tandasnya.  

Dikesempatan itu, Edi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mencucu tangan menggunakan sabun, memakai masker bila sedang bepergian, serta menjauhi kerumunan, serta tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting. (sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar