Kekurangan Lokal, Siswa SMAN 4 Tualang Belajar di Lesehan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sungguh miris yang dirasakan oleh siswa-siswi SMAN 4 Tualang, selain mengalami kekurangan Lokal, siswa sebanyak satu lokal ini terpaksa belajar di lesehan atau dilantai karena tidak memiliki kursi ataupun bangku.

Hasil pantauan awak media saat berada di SMAN 4 Tualang, Kamis (12/3/2020), terlihat belasan siswa sedang asik belajar sambil duduk dilantai tanpa ada alas karpet. Belasan siswa tersebut sedang memperhatikan buku saat instruksi guru berlangsung, disamping siswa itu, terdapat kursi dan meja yang terlihat acak acakan. 

Ternyata ruangan yang digunakan siswa-siswi untuk belajar itu, merupakan ruangan labor yang di skad sehingga terlihat sempit, namun tidak menyulut semangat Siswa untuk mengikuti pelajaran.

Kepala sekolah SMA 4 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Yeni Marlina M.Pd, membenarkan bahwa sekolahnya kekurangan lokal dan kursi maupun meja. 
"Kami ada sekitar 10 Rumbel bang, cuma yang ada 6 lokal, terpaksa Labor maupun perpustakaan sekolah kami fungsikan untuk ruang belajar mengajar," jelas Yeni Marlina kepada Riau Bernas.com di sekolah.

Dijelaskan Yeni, perihal Labor dan perpustakaan yang di skad dengan papan triplek, tentunya tidak nyaman untuk belajar, namun terpaksa kita laksanakan. "Mau tak mau harus kita laksanakan, agar proses belajar mengajar lebih efektif, satu lokal bervariasi mulai 36 sampai 32, tergantung siswa yang masuk dan keluar. Namun saat ini jumlah siswa seluruhnya sebanyak 305 siswa," tambahnya

Yeni mengatakan, perihal kekurangan Lokal ini, dikarenakan jumlah siswa meningkat setiap tahunnya.  "Kita sudah tiga tahun mengajukan, namun belum juga terealisasi. Apalagi sistem zonasi ini, tentunya sangat menguntungkan sekolah dari jumlah siswa yang terus bertambah," ujarnya

Disinggung perihal pelaksanaan UNBK di SMAN 4 Tualang, Yeni menyatakan siap seratus persen. Kendati lokal kurang, namun pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) SMAN 4 Tualang siap seratus persen. Hal itu terjawab, saat pihak sekolah melakukan simulasi beberapa hari yang lalu.

"Kalau untuk persiapan UNBK, kita siap seratus persen, kendati jumlah lokal kurang," jelas Kepala Sekolah SMAN 4 Tualang Kecamatan Tualang, Yeni Marlina.

Perihal jumlah komputer saat ini ada berkisar 40 unit. 28 unit punya sekolah, sedangkan sisanya bantuan dari orang tua murid. "Saat ini terkendala masalah daya arus listrik yang masih kurang, namun saat UNBK kita nanti, kita bagi menjadi dua Sesi atau 3 sesi, kita lihat kondisi dayanya, sebab, kemaren, kita somulasi terbilang sukses," jelas Yeni.

Terkait jumlah kelas 12 di SMAN 4 Tualang sebanyak 79 murid, Yeni menjelaskan, "Ini terbagi menjadi 3 lokal nantinya, siswa kelas 12 ini akan melangsungkan Ujian Nasional pada tanggal 30 Maret-2 April, mudah mudahan sukses terlaksana," tandasnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar