Orari Riau Kunjungi Diskominfo Pelalawan, Bahas Regulasi Frekuensi Radio Amatir

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan menerima kunjungan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Provinsi Riau diwakili oleh Sekretaris Orari Provinsi Riau Zulbajri. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan, AP di Media Center dan PPID Diskominfo Pangkalan Kerinci, Senin (20/01).

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni anggota Pengurus  Orari Provinsi Riau Wawan Sudarwanto dan Afrizal,  Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Pelalawan Deny Afrizan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Pelalawan Masril,M.Si, Kasi Hubungan Media dan Masyarakat Murdied,SE serta Kasi Informasi Publik Media Center M.E.Ryan Pratama, ST.

Sekretaris Orari Propinsi Riau, Zulbajri, mengatakan bahwa pentingnya pengaturan Spektrum Frekuensi  Radio Amatir karena orari sendiri merupakan masyarakat yang tergabung dalam sebuah komunitas penggiat radio amatir ini frekuensinya masih digunakan sesuka hati dan belum terintegrasi menjadi satu informasi dengan frekuensi yang baik. 
Karena itu, kaitannya dengan regulasi izin maka orari berharap adanya peran dari Diskominfo Pelalawan bisa memfasilitasi dan mengakomodir sebagai leading sector yang mengatur pengaturan frekuensi ini 

“Kami harapkan nanti melalui Diskominfo Kabupaten Pelalawan bersama dengan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Pekanbaru, bisa mengatur pola pengaturan frekuensi dari radio amatir ini karena izin ada di pusat yakni melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI," kata Zulbajri.

Dia mengatakan bahwa perlu adanya pembinaan kepada komunitas atau penggiat radio orari yang saat ini berada di bawah RAPI Pelalawan untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan bagaimana ke depannya bisa menjadi corong informasi karena orari ini tidak ada batas dan halangan serta jangkauan, apalagi Pelalawan dengan kondisi wilayah yang berbukit dan rentan bencana kebakaran dan banjir.

“Kita harapkan adanya pembinaan serta juga perhatian kepada komunitas penggiat radio amatir orari ini agar bisa menjadi corong informasi bagi masyarakat dan pemerintah. Karena radio orari ini tidak ada batas dan hambatan dalam penyampaian informasinya apalagi kita pelalawan rentan dengan bencana asap dan banjir, tidak akan berfungsi sinyal telepon seluler dalam situasi begini , radio orari ini sebagai informasi satu satunya yang terhubung langsung bersama personil TNI dan Polri serta BPBD di kala bencana alam seperti di Sumatera Barat dan Aceh," ujarnya.

Selain itu juga perlunya nanti Diskominfo Pelalawan memfasilitasi Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) yang dilaksanakan oleh Ditjen SDPPI Kemenkominfo RI.

Sementara itu Kadiskominfo Pelalawan Hendri Gunawan, AP menyambut baik kunjungan serta masukan bagi Dinas yang beliau pimpin dan segera akan berkoordinasi bersama kemenkominfo, RAPI Pelalawan dan Balmon untuk menindaklanjuti masukan dari Orari Propinsi Riau

“Terima kasih masukan dan perhatiannya dan segera kita akan berkordinasi bersama Kementerian Kominfo, RAPI dan Balmon agar masukan ini untuk segera kita tindaklanjuti bersama khususnya kami dari Diskominfo," katanya.

Untuk Ujian Negara Amatir Radio (UNAR ) Hendri melanjutkan akan memproritaskan personil dari Diskominfo Pelalawan sendiri.

“Kita akan prioritaskan personel dari dalam kita untuk ikut ujian UNAR ini," tukasnya. “ tukasnya. (ndy)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar