Tour de Siak 2019 Sukses Digelar

Alfedri: Ini Ivent Terakhir di Siak, Saya Berharap Wisatawan Berkunjung Ke Siak Meningkat

Bupati Siak Alfedri mengikuti Fun Bike rebut berbagai macam Door prize menarik Tour de Siak yang ke 7 tahun 2019.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ivent Tour de Siak yang ke 7 tahun 2019 sukses digelar, Ivent sekaligus mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Siak tersebut, diikuti oleh 11 Tim dan 55 Pembalap. Pembukaan Tour de Siak yang dibuka oleh Gubernur Riau Drs. Syamsuar, Msi serta menghadirkan penyanyi dari Jakarta Andra and Backbone, berhasil memukau penonton.

Gubernur Riau Syamsuar, MSi menginginkan Siak masuk menjadi Wisata Berwawasan lingkungan. "Saya sudah berkoordinasi dengan Menpar (menteri Pariwisata Indonesia) perihal wisata berwawasan lingkungan ini, syaratnya harus memiliki Ivent internasional, Siak punya itu," jelas Syamsuar kepada Ribuan masyarakat yang hadir.

Selain itu juga, Siak memiliki budaya yang harus dipertahankan, "Paling utama keberhasilan Kota dan lingkungan itu prioritas," jelas Mantan Bupati Siak dua pariode itu.

Syamsuar menambahkan, bahwa ivent TdSi sudah memasuki kali ketujuh, menyelenggarakan Ivent TdSi dengan tujuan mempromosikan daerah Kabupaten Siak dengan wisata.

"Kita ingin Riau maju, Kabupatennya harus ada 3 ivent pariwisata yang bertaraf internasional. Riau sudah punya seperti TdSi, Bakar Tongkang di Bagan Siapiapi, Pacu jalur di Kuansing, serta terakhir Dragon boat race di Kampar. Apa yang diarahkan bapak Menteri, Riau sudah siap akan hal itu." tambanya.

Kemudian, Ia akan mengembangkan pariwisata khusus seperti Rupat dan Danau buatan, perihal wisata bapak Menteri sudah mendukung termasuk pak Jokowi," pungkasnya.

Dalam pertandingan Tour de Siak yang terakhir dilaksanakan di Siak tersebut, dan nanti pada tahun 2020 akan diambil alih oleh Provinsi Riau, membuat Ivent ini terkenal sampai masuk ke Kelender UCI.

Adapun pemenang dari etape 1 berhasil di kuasai oleh pembalap asal Malaysia yaitu Nur Amirull Fakhruddin Mazuki, sedangkan etape kedua yaitu Reno Yudho Sansaka, dan etape keempat berhasil dimenangkan oleh pembalap tuan rumah BSP Siak dengan nama Muhammad Nur Fatoni. Sementara untuk pemenang etape ketiga tidak ada, karena etape ke tiga dibatalkan.


PB ISSI Puji Konsistensi Siak Dalam Mengembangkan Balap Sepeda

Terkait penyelenggaraan TdSi ke 7 2019, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB-ISSI) memuji Ekstensi Kabupaten siak dalam mengembangkan Ivent Balap sepeda berupa Tour de Siak (TdSi) yang sudah memasuki kali ke 7 di Kabupaten Siak.

Ivent internasional yang dibuka oleh Gubernur Riau Drs. Syamsua,r MSI dengan ditandai permainan Gambus itu, pertanda Ivent yang diikuti oleh 55 peserta Pembalap dari 11 Tim yang siap bersaing memperebutkan total hadiah 745 Juta rupiah.

Ketua Persatuan Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia, melalui Wakil Ketua Umum PB ISSI Andika, mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan akan terus mendukung balap sepeda berupa Tour de Siak yang sudah masuk kali ke 7 di Siak.

"Ini menjadi sebuah bukti konsistensi ingin mengembangkan balap sepeda, kedepan mau dikembangkan lagi menuju kabupaten lain, ini pertanda balap sepeda TdSi sudah menjadi icon untuk Indonesia bukan hanya kabupaten Siak," ujar Andika, mewakili Ketua umum yang tidak bisa hadir pada perhelatan pembukaan TdSi itu.

PB ISSI juga ingin melahirkan prestasi yang baik, kita banyak mendukung pembalap sepeda, ini sebetulnya peluang kita, tangkap ini, bagaimana kita mensupport semua dari berbagai aspek," harap dia.
 

Alfedri Berharap Wisatawan Banyak Berkunjung Ke Siak

Bupati Siak Drs. Alfedri, MSi saat menutup Ivent Tour de Siak yang ke 7 tahun 2019 di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak, Minggu (22/9/2019). Penutupan yang dimeriahkan oleh penyanyi Rising star Vadhlil Amaya itu, tentu memiliki kesan tersendiri buat peserta maupun masyarakat yang berkunjung ke Kota Istana.

Bupati Siak Drs. Alfedri, MSi Berharap, dengan Ivent Tour de Siak ini, bisa meningkatkan wisatawan berkunjung ke kota Siak ini. Selain berkunjung, kedepan Siak akan memunculkan atlit dari Siak ini, dan bisa berkompetisi di ivent Tour de Siak dan balap sepeda lainnya.

"Kita semua sangat bersyukur, karena TdSi sukses terlaksana dengan baik. Seperti kita lihat tadi, Finish dari BSP Kabupaten Siak," ujarnya.

Bupati mengajak berikhtiar, agar melalui Iven TdSi ini bisa mempromosikan Siak ke dunia luar, "Semoga Siak semakin terkenal dengan budaya pariwisata, dan mudah-mudahan semakin banyak wisatawan yang berkunjung, ini harapan kita," harapnya

Sementara itu, Wakil sekjen PB ISSI Irwan Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana karena sukses melaksanakan Iven TdSi 2019. "Kendati ada tantangan, tantangan itu bisa dilaksanakan dengan baik, ini berkat kerjasama semua pihak termasuk masyarakat," pungkasnya.

Terkait pemenang Tour de Siak tahun 2019. Pemenang General Classification Individual jatuh kepada Nur Amirull Fakhruddin Mazuki, pembalap dari Malaysia, sedangkan untuk pemenang General Classification Team yaitu Kinan Cycling Team dari Jepang. Namun untuk dalam negeri Indonesia General Classification Team jatuh kepada tim KFC Cycling Team, sedangkan untuk General Classification Sprint jatuh kepada pembalap dari Malaysia Nur Amirull Fakhruddin Mazuki (Galeri Poto/Van)

 

 

 

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar