Akibat Kabut Asap, Penderita ISPA di Rokan Hilir Menempati Urutan Teratas

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, Ahmad Yusuf.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Akibat sering terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga mengakibatkan kabut asap yang berkepanjangan. Khusus di Rokan Hilir, dari 10 penyakit terbesar yang ada di Rokan Hilir, penyakit ISPA menjadi urutan teratas.

Peryataan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Hj. Dahniar, melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, Ahmad Yusuf kepada awak media, Sabtu (21/9/2019).

Terkait masalah itu, pihaknya mengambil langkah-langkah antiaipasi terjadinya ISPA lebih tinggi lagi, seluruh Puskesmas diminta untuk tanggap stuasi terkini, karena dampak asap sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia, dengan membuka posko disetiap Polides dan Puskemas, guna meminimalisir serta membagikan masker kepada masyarakat.

Penyakit ISPA kondisinya cukup signifikan. Meskipun demikian, Dinkes menghimbau agar Polides dan Puskesmas mensosilisasi pada masyarakat untuk menghindari asap dengan mengurangi aktivitas diluar rumah, karena dampak asap bisa memburuk, jangan sampai  ISPA menjadi, lebih parah.

Pencegahan lain sambung Ahmad, kepada masyarakat agar memperbanyak minum air putih dan makanan yang bergizi, yang dapat  menguatkan daya tahan tubuh. Bila muncul gejala ISPA Segera mendatangi tenaga medis baik Puskemas maupun Rumah Sakit terdekat.

"Akibat kabut asap ini Dinkes telah mendistribusikan masker melalui Profesi kesehatan, dibantu PPNI, HIPGABI Riau, IAKMI, organisasi kesehatan lainya, yang berperan membagi-bagikan masker serta melakukan penyeluluhan kesehatan terkait dampak kabut asap", ungkap Ahmad Yusuf. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar