Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Dalam Pendidikan

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Dalam meningkatkan mutu sekolah, peran serta masyarakat harus dilibatkan. Pasalnya,  keberhasilan suatu pendidikan bukan hanya tanggungjawab sekolah dan guru saja tapi juga harus ada keterlibatan serta peran serta dari masyarakat. Untuk mengimplementasikan hal ini,  SDN 007 Kampung Baru, Ukui, menggelar peringatan 1 Muharram atau Tahun Baru Islam tanggal 7 September lalu bersama Wali Murid,  Komite Sekolah, masyarakat dan para siswa. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala SDN 007 Kampung Baru Ukui Nurya’adi, S.Pd.SD, pada media ini,  Senin (9/9). Menurutnya, inti dari peringatan ini sebenarnya adalah menjalin silaturrahmi antara wali murid, Komite sekolah, tokoh masyarakat dan para siswanya.

"Jujur saja,  kita ingin mengaktifkan peran serta masyarakat yang selama ini dirasa  kurang terkoordinir dengan baik," katanya.

Dia mengatakan bahwa awalnya pihaknya melakukan koordinasi antar dewan guru dan komite sekolah untuk mengadakan kegiatan PHBI ini. Dengan kesepakatan bersama maka diundanglah wali murid, tokoh masyarakat , anggota komite dan Kepala Desa Kampung Baru, Muhtaryo, yang didaulat sebagai penceramah di acara PHBI itu.

Dalam ceramahnya, Kades Muhtaryo memaparkan soal penerapan sistem kehidupan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.  Muhtaryo juga berpesan pada para siswa agar rajin belajar supaya menjadi anak yang sukses di kemudian hari. 

"Jangan sampai waktu kalian semua dihabiskan hanya untuk bermain game,  baik itu di warnet ataupun di HP," tandasnya. 

Pada kesempatan itu juga,  Ketua Komite Sekolah SDN 007 Kampung Baru,  Oman Romansyah, membahas program kerja komite yang harus dibenahi di SDN 007 Kampung Baru, diantaranya soal pagar sekolah, pagar taman, gapura sekolah dan lahan untuk pertanian.

"Insya Allah,  untuk pembuatan pagar tanaman dan pengolahan tanah untuk pertanian akan kita lakukan dengan cara gotong royong," ujarnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar