Upaya Menambah Cadangan Minyak Dan Gas Bumi, Ini Yang Dilakukan PHE Siak ke Pemkab Rokan Hilir

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Berkomitmen dalam upaya penambahan cadangan minyak dan gas bumi (migas), PT Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) akan segera melaksanakan survey sesimik 2D di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis.

Ketergantungan energi di Indonesia yang bersumber dari bahan bakar minyak menyebabkan cadangan migas nasional mengalami penurunan yang signifikan, sedangkan penemuan cadangan migas baru sangat sedikit.
 
Dibawah pengawasan dan pengendalian Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas), PHE Siak berharap melalui survey seismik dapat mengetahui potensi keberadaan cadangan migas di Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis. PHE Siak akan melakukan aktivitas Survey Seismik 2D dengan total panjang lintasan 423 Km.

Survey Seismik merupakan aktivitas eksplorasi dengan melakukan perekaman data di bawah tanah untuk mengetahui potensi keberadaan cadangan minyak dan gas bumi. Untuk melakukan perekaman data bawah tanah tersebut, PHE Siak akan melakukan penjalaran gelombang di bawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dibentangkan di atas permukaan tanah. Data yang diterima oleh penerima getar tersebut, kemudian diolah untuk melihat potensi keberadaan cadangan migas yang terkandung di dalam tanah tersebut.

Sebelum melakukan survey seismik 2D, PHE Siak melakukan sosialisasi kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir di Bagansiapiapi, Rabu (28/8/2019). Sosialisasi tersebut dilakukan agar perangkat pemrintahan daerah Rokan Hilir dapat mendukung kegiatan tersebut.

Pada kesempatan terpisah, General Manager PHE Siak Rizaldi Winant mengatakan, aktivitas seismik merupakan program pemerintah dalam rangka pencarian cadangan migas. “Jika aktivitas seismik ini sukses menemukan potensi cadangan migas yang cukup besar,  tentu akan membawa manfaat yang besar pula bagi masyarakat,” ujar Rizaldi.

Kegiatan survey seismik 2D ini akan dilakukan selama 3,5 bulan sejak awal September, dan akan melibatkan Pekerja lokal, sehingga manfaat langsung dari aktivitas ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengatakan, “Perangkat pemerintah daerah di Kabupaten Rokan Hilir akan mendukung penuh pelaksanaan survey seimik 2D yang dilakukan oleh PHE Siak”.

Pada kesempatan tersebut, Suyatno juga meminta agar PHE Siak memperhatikan dan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat sekitar agar aktivitas dapat berjalan lancar. Setelah melakukan sosialisasi kepada perangkat pemerintah daerah, PHE SIak juga akan melakukan sosialisasi berjenjang kepada masyarakat.

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar