Kebijakan Awal Pembangunan Techno Park Indonesia, Pemkab Pelalawan Lakukan MoU Dengan Enam Lembaga

Bupati Pelalawan HM Harris saat memimoin rapat bersama Kepala OPD didampingi Wabup dan Sekda Pelalawan.
PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebagai langkah awal kebijakan dalam membangun Techno Park Indonesia, Pemkab Pelalawan baru saja menandatangani MoU Pengembangan Techno Park Pelalawan Berbasis Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (IPTEKIN) Kelapa Sawit Ramah Lingkungan. Penandatanganan ini dilakukan oleh 6 (enam) instansi/lembaga yaitu Pemerintah Kabupaten Pelalawan, BPPT, PT PINDAD (Persero), PT Rekayasa Engineering, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), dan  Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi RI (BPPT) Jakarta. 
 
Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pelalawan HM Harris saat memimpin coffe morning bersama Kepala OPD di Auditorium lantai III Kantor Bupati, Senin (4/2/2018). Menurutnya, MOU tersebut merupakan kesepahaman bersama atas kolaborasi antar instansi/lembaga sebagai langkah awal untuk melaksanakan kebijakan pembangunan techno park Indonesia. 
 
"Kebijakan pembangunan techno park ini merupakan bagian dari Program Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo," katanya. 
 
Katanya, Asosiasi Sawit Indonesia melalui Pemda Pelalawan bahwa daerah ini telah diperhitungkan karena dianggap berhasil dan menonjol. Dimana dalam kawasan tekhnopark tersebut petani sawit daerah ini melalui kelompok koperasinya dibina untuk bisa mendirikan perusahaan.
 
"Mereka juga nantinya dilatih untuk menjadi petani modern ataupun pengusaha, dibantu oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit ( PPKS )," tandasnya.
 
Lanjutnya, apa yang dilakukan ini adalah sebuah terobosan negara Indonesia karena di luar negeri sendiri belum ada yang melakukan hal demikian. Karena itu, dirinya berharap untuk jangka panjang ada terobosan dari petani sawit Pelalawan untuk siap bersaing menuju persaingan global.
 
"MoU ini juga adalah bentuk upaya kita dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang sawit, sehingga mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini," tegasnya.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H.Zardewan, Sekda Tengku Mukhlis, Asisten Administrasi Umum Emir Effendi,S.Sos, Asisten Administrasi Pemerintahan Drs.Zulhelmi, Kepala Bappeda Ir.M.Syahrul Syarif,M.Si dan para Kepala OPD Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama serta Pejabat Administrator di Lingkungan Pemkab Pelalawan. (tha)
 
 
 
Editor   : Andy  Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar