Terkait Pengambilan Kayu Di Lahan TORA, DPRD Siak Hearing Dengan Koperasi BUTU

SIAK, RIAUBERNAS.COM - DPRD Kabupaten Siak akhirnya menjadwalkan hearing dengan Koperasi BUTU, hari ini Kamis (25/07/2019) sekitar pukul 09.30 Wib, di gedung DPRD Siak. Hearing ini atas permintaan dari sejumlah organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Siak.  

Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan mengatakan, hearing tersebut membahas persoalan yang sedang hangat di Kabupaten Siak, yakni pengelolaan akta atau pengambilan kayu akasia diatas lahan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). Masyarakat menduga, ada ketimpangan informasi tentang pengambilan kekayaan diatas lahan TORA itu.

"Insya Allah kita akan hearing. Karena sudah dibahas di Banmus sebelumnya. Kita tunggulah, kepada para pihak yang telah kita panggil sebelumnya," kata Indra kepada awak media di Siak, Rabu (24/07/2019) kemarin.

Pada hearing itu, nanti pihak yang dipanggil adalah koperasi BUTU, sementara pihak yang meminta adalah organisasi Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) dan Lumbung Informasi Rakyat (Lira).  

Selain Indra Gunawan yang menyatakan hadir, hearing akan dibuka oleh Komisi II DPRD Siak. "Mudah-mudahan anggota dewan akan hadir. Saya juga akan hadir, karena persoalan ini penting, menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Indra.  

Berdasarkan Informasi yang berhasil dihimpun, bahwa Lahan TORA yang sudah dibagikan di Kabupaten Siak seluas 4000 H, lahan ini berada di Kecamatan Mempura dan Pusako. Diatas lahan tersebut, ada pohon akasia yang siap panen.  

Pohon tersebut merupakan kekayaan yang ada diatas lahan TORA. Setelah 2100 orang masyarakat menerima sertifikat hak milik TORA atau SHM TORA, Akasia tersebut ditebang oleh koperasi BUTU berdasarkan penunjukan oleh Penghulu-Penghulu Kampung.  

Sampai saat ini, masyarakat pemilik SHM itu tidak mengetahui sirkulasi dan transaksi jual beli kayu Akasia diatas lahan TORA tersebut. Karena itu muncul masalah, sehingga masyarakat mempertanyakan dan menuntut transparansi atas seluruh transaksi jual beli Akasia. (van/Rls)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar