Upaya Edukasi dan Penyadartahuan Masyarakat

Manggala Agni Daops Pekanbaru Kampanye Gahkarhutla di Kotagaro

Manggala Agni Daops Pekanbaru Kampanye Gahkarhutla di Desa Kotagaro, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Selasa (16/06/2019).

KAMPAR (Riaubernas.com) - Manggala Agni Daops Pekanbaru Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Gahkarhutla) di Desa Kotagaro, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Selasa (16/06/2019).

Kampanye gahkarhula itu diselenggarakan guna peningkatan upaya edukasi dan penyadartahuan masyarakat terhadap bahaya karhutla.

Kegiatan ini diikuti 40 orang masyarakat dari berbagai latar belakang profesi. Antara lain petani kebun, buruh, pedagang, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh adat.

Dalam acara tersebut Kepala Daops Pekanbaru Edwin Putra SHut MSi menyampaikan materi tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Karhutla.

Pria enerjik yang akrab disapa Edwin ini menyampaikan, permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pengolahan lahan, serta ternyata masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa tindakan mengolah lahan pertanian dengan dibakar adalah legal.

"Ini tentu jadi "PR" bagi kami selaku petugas lapangan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada semua lapisan masyarakat," ujar Edwin.

Menurut Edwin, upaya penyadartahuan kepada masyarakat tentang bahaya karhutla merupakan langkah penting yang harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Karena, kodrat manusia yang kerap kali "LUPA" dan cenderung "APATIS/TIDAK PEDULI" dengan Lingkungannya menjadi poin penting bagi Manggala Agni dalam melaksanakan "Kegiatan Kampanye Pencegahan Kahutla di wilayah kerja Daops Pekanbaru".

"Untuk itu lah kami mengundang masyarakat dari berbagai latar belakang seperti petani kebun, pedagang, buruh harian, ulama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk saling bertukar pikiran dan memberikan edukasi seputar Pengendalian Karhutla. Dan banyak sekali informasi yang kami dapatkan dari pertemuan singkat itu yang akan kami jadikan salah satu rujukan dalam peningkatan upaya Dalkarhutla di wilayah kerja Daops Pekanbaru," terang Edwin.

Acara diakhiri dengan penyerahan Poster Pengendalian Kebakaran Hutan kepada perwakilan masyarakat untuk dipasang di lokasi-lokasi khalayak umum.(*)

Editor : Apon


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar