Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Lakukan Pelayanan Akte Keliling

Syafruddin: Pekan Depan di Teluk Meranti dan Kuala Kampar

Kadisdukcapil Pelalawan, Drs Syafruddin

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pelalawan terus melakukan keliling ke setiap kecamatan di Kabupaten Pelalawan dalam rangka memberikan pelayanan Akte Kelahiran gratis untuk masyarakat. Hingga kini, sudah lima kecamatan yang disambangi Disdukcapil dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Sesuai jadwal, pekan depan petugas akan menyambangi dua kecamatan di tepi bantaran sungai Kampar, yakni Kecamatan Teluk Meranti di desa Pulau Muda dan Kuala Kampar di desa Serapung," terang Kadisdukcapil Pelalawan, Drs Syafruddin, pada media ini, Senin (2/5).

Syafruddin menjelaskan, bahwa inilah salah satu program Disdukcapil yang tersisa pasca terjadinya rasionalisasi anggaran hingga 39 persen. "Kita targetkan 12 kecamatan ini akan mendapatkan kunjungan Disdukcapil untuk pengurusan akte keliling secara gratis," tegasnya.

Katanya, dengan durasi kunjungan setiap kecamatannya satu hari, maka pihaknya tak mampu melayani permintaan masyarakat yang amat antusias mendatangi petugas untuk mendapatkan akte kelahiran langsung jadi di tempat. Apalagi dengan anggaran yang terbatas, maka pelayanan akte kelahiran keliling ini hanya berdurasi satu hari setiap kecamatan.

"Ditargetkan setiap kecamatan itu maksimal kita layani sekitar 200 akte, namun untuk dua kecamatan dengan jumlah populasi penduduk yang banyak seperti Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras, target dilebihkan dari angka 200 akte tersebut," tutupnya.

Dikatakannya, anggaran pelayanan akte kelahiran gratis bagi masyarakat yang berada di kecamatan-kecamatan itu berasal dari APBD Pelalawan. Namun karena belum memiliki operasional sendiri, maka sampai saat ini kendaraan yang digunakan untuk operasional pelayanan akte keliling tersebut statusnya masih menyewa (rental).

"Kita pernah mengajukan ke Bappeda soal mobil operasional ini, tapi dicoret oleh Bappeda," tutupnya. (sbr)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar