Rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019

Harlen Menurung Ingatkan, Perekrutan KPPS Kedepan Untuk Jadi Prioritas

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Panitia Pemilihan Kecamatan Tualang membuka secara resmi pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019, di GOR Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Minggu (28/4/2019) sekitar pukul 21.00 Wib.

Dalam rekapitulasi yang dilakukan oleh KPPS se Kacamata Tualang yang berlangsung selama 8 hari itu, ternyata, Panwascam Kecamatan Tualang menarik benang merah terhadap PPK Kecamatan Tualang, lantaran banyak petugas KPPS melakukan kesalahan pengisian pada C-1 saat rekapitulasi kemarin.

"Saya menarik benang merah terhadap PPK Kecamatan Tualang agar dalam perekrutan KPPS September 2020 mendatang, menjadi skala prioritas," jelas Harlen Manurung dalam sambutannya.

Harlen menjelaskan, bahwa malam ini hanya merekap suara yang telah direkapitulasi selama 8 hari kemarin, bukan menjadi penentu, namun bisa memberikan gambaran.

"Pleno Malam ini bukan sebagai penentu atau duduk menjadi anggota dewan, itu menjadi wewenang KPU. Cuma, kita bisa memberi gambaran itu tidak jauh berbeda, mudah-mudahan tidak jadi persoalan sebab data kita valid. ternyata sampai detik ini aman, dan mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah sukses mengamankan rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019," pungkasnya.

Ketua PPK Kecamatan Tualang Harry Susanto menjelaskan, bahwa rapat rekapitulasi penghitungan suara ini sifatnya merekap, bukan penetapan, penetapan itu wewenang KPU. "Semua yang terlibat mengucapkan terimakasih dan apresiasi, karena tanpa dukungan dari semua pihak pemilu agak susah dan sampai saat ini sukses, aman, dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Camat Tualang Zalik Efendi mengucapkan ribuan terimakasih, yang ikut dalam kompetisi pemilihan legislatif dan eksekutif tetap berusaha untuk mengamankan Pemilihan ini.

"Persiapan 8 bulan, untuk menyiapkan. Alhamdulillah, berjalan baik dan kondusif. Ia Berharap nanti setelah Pilpres dan Pileg untuk dapat memajukan kecamatan Tualang, karena namanya pesta demokrasi telah usai, jangan ada masalah lagi, semua telah usai," ingatnya.

Lanjutnya, terkait pejuang demokrasi yang kelelahan, kecapean, yang berujung merenggut nyawa, ini pekerjaan yang mulia untuk mencari pemimpin kita. Kami juga berharap pas penghitungan rekapitulasi berjalan dengan baik dan lancar ini kami harapkan.

Kapolsek Tualang Kompol JJ Hutapea, mengucapkan terimakasih dan sampai saat ini masih kondusif sampai selesai, kendati banyak petugas pelaksana yang sudah menjadi korban dan berujung meninggal dunia, itulah perjuangan demokrasi. "Hari ini merupakan puncak dan tutup hari ini pleno tingkat Kecamatan. Semua logistik sudah digeser ke KPU kabupaten Siak," pungkasnya. (Van)

 

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar