Raih Akreditasi Utama, Puskesmas Bagan Batu Disambangi Pegawai Puskesmas Tambusai Utara

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pegawai Pukesmas Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu bertandang ke Puskesmas Bagan Batu Rokan Hilir, guna melakukan Kaji Banding keberhasilan Akreditasi tingkat utama yang diperolehi oleh Pukesmas Bagan Batu.

Kunjungan Kerja (Kunker) Pegawai Pukesmas Tambusai Utara tersebut, disambut oleh jajaran Pegawai Pukesmas Bagan Batu Rokan Hilir pada Rabu kemarin (24/4/2019).

Kepala Dinas Keseharan Kabupaten Rokan Hilir Hj. Nur Dahniar, SKM, melalui Sekretaris Diskes Ahmad Yusuf saat dikonfirmasi media ini, Jum'at (26/4/2019), membenarkan adanya kunker dari rombongan jajaran pegawai pukesmas Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam Study Banding tersebut, pegawai Pukesmas Tambusai Utara Rohul ingin melihat sejauh mana atas keberhasilan yang diperoleh oleh puskesmas Bagan Batu, sehingga bisa mendapatkan penghargaan akreditasi utama.

"Yang menjadi perhatian dari mereka, fisik puskesmas Bagan Batu tersebut dibangun sejak tahun 1984, bahkan kunker mereka sangat menyenangkan", terang Ahmad.

Menurut Ahmad, hasil penilaian Akreditasi utama tersebut tidak hanya bangunan saja, akan tetapi nilai integrasi administrasi manajemen, seperti upaya kesehatan masyarakat dan upaya perorangan, serta pelayanan standar kesehatan, juga menjadi penilaian.

Ahmad mengatakan, tujuan utama dari akreditasi puskesmas adalah dalam rangka pembinaan peningkatan mutu pelayanan dan kinerja berkesinambungan terhadap sistem mutu penyelengaraan dan pelayanan serta program.

Ahmad Yusuf menegaskan, penerapan manajemen resiko tidak hanya sebatas meraih penilaian sertifikasi, akan tetapi harus memiliki kinerja ekstra dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pukesmas Bagan Batu Rohil menjadi Role model, oleh karena puskesmas Bagan Batu termasuk mendapatkan nilai akreditasi utama selain Dumai dan Pekanbaru", kata Ahmad Yusuf.

Ditambahkannya, Sesuai dengan rencana, tahun 2020 puskesmas Bagan Batu akan dibangun mengunakan Bankeu Dana Alokasi Khusus (DAK) dan akan segera diparipurnakan. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar