Bawaslu Siak Turunkan 105 APK, PAN Terbanyak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sampai hari ini, Kamis (10/1/2019), Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Siak sudah menurunkan sebanyak 105 Alat peraga kampanye (APK) di Kabupaten Siak.

Dari 105 APK itu, 60 APK yang diturunkan, ternyata APK partai berlogo matahari putih (PAN, red).  Kemudian disusul diurutan kedua yaitu partai Golkar sebanyak 12 APK diturunkan, dan partai Nasdem, Demokrat dan DPD berada diurutan ketiga dengan jumlah 6 APK diturunkan.

"Sebanyak 105 APK kita turunkan, baik itu kordinasi sama Parpol maupun langsung terjun kelapangan. Data 105 APK yang diturunkan itu, di karenakan sudah melanggar izin pemasangan dan tempat terlarang maupun Billboard," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani kepada Riaubernas.com, Kamis (10/1/2018) di Kantor Bawaslu Siak.

Dijelaskan Royani, bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada Parpol untuk memasang APK sesui aturan dan  kesepakatan bersama.

"Kita sudah berulang kali sampaikan, namun tetap juga dilanggar, sebelum ditertibkan, kami akan kordinasi terlebih dahulu, dengan cara menyurati, kemudian masih belum juga diturunkan, maka kami akan terjun langsung untuk menertibkan itu," tambahnya.

Terkait APK Partai PAN terbanyak yang diturunkan oleh Jajaran Bawaslu Siak, dirinya menyampaikan bahwa nanti ada evaluasi bersama Penyelenggara Pemilu.

"Kalau teguran sifatnya sama mas, teguran bagi melanggar akan kita tertibkan. Nanti saat evaluasi bersama nanti disampaikan, kan nanti ada evaluasi bersama tu mas, nanti kita sampaikan, ini loh !! partai yang paling banyak dan ini partai yang patuh, karena ini demi kesadaran, ya kan mas," jelas Royani menjelaskan. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar