Dalam Komitmen dan Semangat Pemkab Rohil Kembangkan Potensi Ekonomi

Loading...

ROKAN HILIR (Riaubernas) – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) terus berupaya mengembangkan Kawasan Industri Terpadu dan Perbaikan Iklim Investasi Daerah. Perkebunan kelapa sawit sebagai salah satu komoditi unggulan daerah terus dikembangkan dengan menawarkan program pengembangan di sektor hilir terpadu yang mengakomodir seluruh aktifitas hulu, dengan demikian diharapkan dapat menghasilkan turunan kepala sawit dengan ragam jenis.

Tak hanya di perkelapasawitan, pembentukan dan penguatan sentra-sentra produksi non migas lainnya yang berbasis potensi daerah dan masyarakat akan dikembangkan guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Agar terwujudnya kehidupan masyarakat yang sejahtera, Pemkab Rohil terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang bersentuhan lansung dengan seluruh lapisan sehingga membuka akses akses ekonomi masyarakat

Pembangunan kawasan wisata juga merupakan program Pemkab Rohil, pemerintah daerah telah membuka akses-akses wisata, seperti penyediaan sarana trasportasi wisata di bebrapa daerah potensi wisataa. Pengembangan kawasan wisata berdasarkan potensi wilayah dengan mengedepankan dan menjaga kelestarian adat dan budaya tempatan.

Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup. Program pendataan ruang dan lingkungan hidup melalui penyusunan perencanaan pembangunan yang memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan serta pelaksanaan pengembangan yang tetap dan konsisten mengacu pada aturan dan perundang-undangan lingkungan hidup.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, Pemerintah Daerah menggandeng pihak swasta, dan melibatkan peran serta seluruh masyarakat. Banyak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Rohil menunjukkan sikap kepeduliannya pada pelestarian lingkungan.

Salah satu perusahaan yang sudah menunjukkan sikap kepedulian lingkungannya adalah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sawit Riau Makmur (SRM) PMKS Teluk Mega. Perusahaan pengelohan kelapa sawit menjadi CPO ini ikut mensponsori kegiatan tabur benih ikan ke Sungai Rokan.

Bersama Bupati Rohil H. Suyatno, manajemen PT SRM melakukan penaburan benih Ikan Patin, Nila, dan Gurami, sebanyak 10.000 ekor ke Sungai Rokan di Teluk Mega, Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih Rokan Hilir,beberapa waktu yang lalu.

Sebelum ditaburkan ke sungai, 10.000 benih ikan itu, secara simbolis terlebih dahulu diserahkan kepada Bupati Rohil H.Suyatno, yang kemudian diserahkan ke masya-rakat lalu ditaburkan ke sungai.

Jon Charles, mewakili PKS SRM dalam sambutanya mengatakan, kegiatan tabur benih ikan ini, sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat sekitar, dengan tujuan untuk mengembalikan kehidupan hayati di sungai Rokan ini, agar tidak punah, dan kembali asri.

“Sebagai Perusahaan pengolah minyak kelapa sawit (CPO), PKS SRM tetap memperhatikan suaka langka dilingkungan sekitar sungai Rokan, ini suatu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat “kata Charles.

Adapun penaburan benih ikan Patin, ikan Nila, dan Gurami sebanyak 10.000 ekor tersebut, dengan tujuan guna meningkatkan penghasilan tangkapan nelayan penduduk setempat, Inilah salah satu bentuk kepedulian.

Jon Charles juga menyampaikan, bahwa pabrik PKS SRM sangat welcome terhadap masyarakat, dan siap bekerja sama dengan sebaik-baiknya.

“Perusahaan siap dijadikan sahabat dan partner bagi masyarakat, terutama warga Teluk Mega, baik petani dan nelayan. Kami hadir ditengah masyarakat yang tujuanya adalah, mengangkat status masyarakat sedinginan”, imbuh Jon Charles.

Sementara itu, Bupati Rohil, H Suyatno memberikan apresiasi terhadap PKS SRM yang telah perduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, ini harus ditiru oleh PKS lainnya yang ada di Rokan Hilir.

“Kepedulian seperti harus ditiru oleh PKS lainnya, yang ada di Rohil, Saya sangat apreasiasi terhadap apa yang dilakukan oleh PKS SRM ini”, ujar Bupati.

Suyatno mengatakan, banyak laporan dari masyarakat terkait limbah PKS SRM, yang katanya meresahkan masyarakat. Menyikapi hal itu, dirinya langsung memanggil pihak perusahaan, setelah dilakukan konfirmasi ulang, ternyata tidak semua laporan yang meresahkan itu benar adanya.

“Hari ini contohnya, pihak perusahaan peduli dengan lingkungan. Ditaburnya benih ikan. Kalau ada kekurangan baiknya dikomunikasikan secara arif. Cari solusi yang tidak merugikan masing-masing pihak, apakah itu masyarakat ataupun perusahaan.

Keduanya harus menyatu, pada intinya saat ini Perusahaan terbuka atau welcome dengan masyarakat, apalagi yang dipersoalkan. Saya rasa udah cukup bagus dari perusahaan. Seraya menghimbau semua PKS yang ada di Bumi Negeri Seribu Kubah ini, agar memperhartikan masyarakat tempatan, gandeng tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuka setempat.

“Salurkan Dana CSR, dan perhatikan kampung sekitar, bantu perayaan hari 17 Agustusan, Ciptakan gotong-royong dengan masyarakat, ciptakan hidup rukun antara perusahaan dengan masya-rakat. Pasti akan berjalan dengan baik”, pintanya.

Potensi Perikanan

Sejarah dunia mencatat bahwa Bagansiapiapi beberapa tahun yang silam pernah dijuluki penghasil ikan terbesar didunia setelah Norwegia, namun potensi perikanan negeri seribu kubah tidak seperti masa lalu, namun masih tetap ada dan menjadi peluang ekonomi yang sangat menjanjikan jika dikembangkan.

Sekda Rohil Drs H.Surya Arfan mengatakan bahwa Pemerintah Rokan Hilir tetap eksis berupaya membuat terobosan program-program perikanan melalui dinas terkait budidaya perikanan masyarakat nelayan pesisir seperti halnya sianboi dan pesisir lainnya

“Bagansiapiapi ibukota Rokan hilir dulunya penghasil ikan terbesar didunia, kini penghasil kerang terbesar diwilayah di Sumatera”tambah Sekda Surya arfan, Sabtu 6/10/2018 di Pesisir Kecamatan Sinaboi,

Bahkan Kajari Rohil Gaos Wicaksono, SH.MH menyebutkan Potensi Rohil Sungguh sangat luar biasa dan animo masyarakat dilomba mancing sangatlah respon positifl terlihat semangat masyarakat membangun lebih baik secara mandiri mengisikan pembangunan kedepan

Potensi sumber daya alam perikanan Rohil memiliki prosfek kedepan, mengetahui bahwa Bagansiapiapi dulunya pernah masuk sejarah dunia tempat penghasilan ikan terbesar di dunia hal tercatat beberapa tahun lalu” ungkap Gaos

Sebelum nya Bupati Rohil H.Suyatno menyebutkan potensi kerang Rohil sangat melimpah ruah ini bisa sampai ke terkenal manca negara. Untuk potensi kerang di Rohil, ia mengaku mulai dari hasil kerang liar, yaitu kerang bulu, sampai potensi kerang tambak nelayan Rohil semakin menggeliat saat ini. Sehingga peran pemerintah dalam hal ini pemerintah melalui Dinas Perikanan melakukan pembinaan terhadap petani kerang.

“Dengan adanya kenduri kerang hari ini, kita ingin bagaimana kerang ini sampai ke manca negara.bseperti ada indomie rasa kerang. Makanya kerja sama Indofood sangat diharapkan. Kemarin sudah kita dorong, namun pihak Indofood tidak bisa hadir di Rohil,” kata Suyatno.

Dengan adanya kerja sama Indofood dengan nelayan lokal, maka hasil kerang nelayan yang setiap harinya bisa keluar sampai 50 ton perhari ditampung oleh PT Indofood. Sehingga sudah barang tentu mampu mendongkrak perekonomian masyarakat yang bergelut di bidang usaha kerang.

“Kerang yang ada di Rohil mereka tampung, petani kerang mampu mendongkrak ekonominya dengan harga yang luar biasa. Untuk itu, harus bersama-sama seluruh elemen membangkitkan hasil laut Rohil ini,” ungkapnya.

Disamping itu bisa dilakukan pembinaan Dinas Perikanan, harapkan seluruh elemen bisa menjaga potensi kerang di Rohil menjadi ikon yang luar biasa sehingga mengangkat perekonomian masyarakat. Untuk itu, dengan kondisi perairan Rokan Hilir yang kerap dijadikan lokasi pencurian kerang oleh nelayan luar.

“Kita juga harus menjaga. Apalagi adanya maling kerang, di Panipahan itu terjadi. Orang susah payah turun ke laut enak saja mereka merampas hasil laut kita. Makanya ada aksi penembakan kemarin itu. Untuk antisipasi pertama kita melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian supaya kondisi keamanan di laut tetap terjaga,”tukasnya

Rokan Hilir memiliki daya tarik dan keunggulan dilihat dari investasi perikanan baik perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan untuk komoniti perikanan laut, salah satu keunggulannya, Kabupaten Rohil memiliki wilayah perairan pesisir dan laut yang cukup luas, dan memiliki sumberdaya manusia yang cukup besar dan dipersiapkan terampil pada bidang perikanan sesuai aspek perikanan masing-masin, Memiliki fasilitas produksi yang sudah memadai (baik perikanan tangkap,budidaya kerang, dan pengolahan hasil perikanan), harga produk perikanan dari Kabupaten Rokan Hilir dapat bersaing sesuai mutu produk yang dihasilkan, memiliki jaringan distribusi yang cukup baik.

Pasar lokal yang cukup besar untuk semua aspek komoniti perikanan, memiliki ketersediaan bahan baku yang tidak jauh dangan pusat pengolahan dan pemasaran. Terbukanya media sosial membuka jaringan pemasaran untuk pasar domestik dalam negeri dan luar negeri untuk produk berdaya saing. Keberadaan jasa pengumpul yang mudah ditemui dalam memasarkan barang/komoniti perikan.

Pentingnya kebijakan - kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pembangunan ekonomi, tentunya menjadi variabel penting dalam penyusunan potensi dan peluang investasi.

Karena sesungguhnya pemahaman potensi dan peluang investasi tidak saja hanya potensi alam, potensi tambang dan lainya. Namun kebijakan yang mendukung juga dapat disebut sebagai potensi dan peluang dalam implementasi investasi.

Untuk keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sejatinya telah menyusun project proposal potensi investasi unggulan daerah terutama pada komoditi Perikanan laut.

Dalam memberikan informasi yang akurat mengenai potensi investasi unggulan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau tersebut maka disusun perencanaan yang lebih matang.

Sebagai pedoman dan acuan oleh pemerintah pusat maupun kepada Investor tentunya disertai dengan data yang akurat untuk disajikan guna mendukung tujuan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. (Adv/Syofyan R)


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar