Event Pariwisata Nusantara Bekudo Bono Kembali Digelar, Ini Jadwal Acaranya

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Event Pariwisata Nusantara Bekudo Bono Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, kembali digelar. Event Bekudo Bono yang telah masuk dalam daftar event kalender Pariwisata Nasional sejak tahun 2017 ini, digelar dari Kamis hari ini sampai Sabtu besok (22-24/11/2018).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora)  Kabupaten Pelalawan, Abdi Yuliandri S.Kom, pada media ini via selulernya, Kamis (22/11/2018). Menurutnya, sejumlah surfer baik lokal maupun dari manca negara antusias mengikuti event berkelas nasional bahkan sudah mendunia ini.

"Untuk Kamis dan Jum,'at besok, di Teluk Meranti akan digelar permainan rakyat seperti gasing, enggrang, bakiak, dan lain sebagainya. Malamnya, akan dilangsungkan penampilan seni dan budaya lokal untuk memeriahkan festival bekudo bono, atau istilahnya yakni mengarungi gelombang Bono atau surfing bono yang besar digelar pada Sabtu (24/11/2018)," ungkapnya.

Andi menjelaskan, bahwa jadwal sebelumnya festival bekudo Bono dilaksanakan tanggal 23 November tapi karena jatuh pada hari Jum'at makanya diundur pada esok harinya tanggal 24 November hari Sabtu. Untuk bekudo bono satu hari selesai. Tanggal ini dipilih sesuai dengan hitungan arab serta arah angin dan ketinggian bono itu sendiri.

Ditambahkannya, untuk kegiatan di Pangkalan Kerinci, tepatnya di Ruang Publik Kreatif (RPK) depan kantor Bupati Pelalawan, pada Jum'at (23/11/2018) malam, acara memeriahkan festival bekudo bono atau pembukaan event pariwisata nusantara bekudo bono keesokan harinya.

"Kegiatan di Ruang Publik Krearif sudah deal, begitu juga yang di Teluk Meranti, kegiatan tetap jalan. Karena juga dari pihak Kementerian, Provinsi, Bupati beserta rombongan, akan berangkat pada Sabtu paginya. Makanya kalau memungkinkan kita buat acara memeriahkan festival bekudo bono di Pangkalan Kerinci," terangnya.

Andi menyebutkan, sejumlah kesiapan event bekudo bono dalam pematangan mulai sarana dan prasarana hingga penempatan tempat tinggal para surfer. "Empat surfer dari klub Bali sudah bersedia ikut. Sebagian surfer mancanegara seperti dari Australia juga sudah memboking penginapan di Teluk Meranti. Pastinya surfer lokal juga sudah banyak yang menyatakan siap ikut. Kita masih dalam pendataan peserta dari yang lokal dan manca negara," paparnya.

Andi juga menyebutkan, Kementerian pariwisata terus mensupport penuh pelaksanaan festival bekudo bono, baik anggaran maupun berbagai hal yang di butuhkan. Dirinya mengharapkan, Menteri Pariwisata RI Dr.Ir. Arief Yahya, M.Sc, dapat hadir menyaksikan festival bekudo bono, begitu juga Gubernur.

"Sementara Bupati Pelalawan di tanggal 24 ada acara dan berkemungkinan diwakilkan oleh Bapak Wabup Drs.H. Zardewan, MM dan seluruh masyarakat," ucapnya.

Andi juga berharap, dengan festival bekudo bono juga menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara hadir, sekaligus menikmati pesona alam dan fenomena alam yang unik yang berada di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Gelombang yang panjang hingga mencapai 60 KM dengan kecepatan rata-rata 40 km perjam, dengan ketinggian gelombang mencapai 7 meter, yang menjadi surganya para peselancar atau surfer lokal sampai mancanegara.

"Sejumlah persiapan terus kita matangkan, termasuk untuk mencari spot tepat bagi surfer mendapat gelombang bono, mulai dari Tanjung bebilah sampai teluk meranti, yang gelombangnya pecah di Pantai Ogis. Kita berharap berjalan sukses tanpa kendala apapun," tukasnya.  (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar