Peringati Bulan Bahasa 2018, SMAN 1 Pangkalan Kerinci Gelar Berbagai Lomba Seni

Keterangan poto;1. Pendongeng kelas dunia kak Agus DS berpoto bersama Kepsek dan para guru SMAN I Pangkalan Kerinci. 2. Kak Agus DS saat menunjukkan kebolehannya. 3. Hasil Kreatifitas siswa yang di lombakan. 4. Pojok Baca.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam rangka membangun generasi berkarakter serta menumbuh kembangkan budaya literasi, SMAN 1 Pangkalan Kerinci menggelar berbagai lomba seni sempena Bulan Bahasa 2018, di aula sekolah tersebut, Kamis (8/11/2018).

Bulan Bahasa 2018 sendiri merangkum tiga peringatan, yakni Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan  momentum 3 tahun sekolah tersebut menjadi sekolah rujukan Adiwiyata, yang bertemakan "Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Tumbuh Kembangkan Generasi Emas Indonesia Yang Berkarakter, Berbudi pekerti, Cimta tanah air, Bangsa dan Bahasa Indonesia Melalui Lomba".

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Syahrial M.Pd, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. Menurutnya, dengan digelarnya berbagai lomba seni dalam Bulan Bahasa ini diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit seni dari para siswa.

"Begitu juga dengan digelarnya acara ini, budaya literasi yang telah terbangun di sekolah ini dapat menciptakan siswa-siswa yang kreatif dan inovatif," katanya.

Sementara, Waka Humas SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Tati Andriani SPd, yang juga sebagai Ketua panitia kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari Kelas 10 sampai Kelas 12 yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 8 dan 9 November 2018. Tak hanya itu, sebanyak 34 kelas juga menampilkan kreasi mereka yang dibuat dari bahan daur ulang untuk dipamerkan.

"Lomba yang kita gelar diantaranya, lomba tulis puisi, baca puisi, menulis cerpen, gitar akustik, monolog, pohon literasi serta pemilihan duta literasi, serta Taman Sehat dan Kelas Sehat, yang diikuti oleh seluruh siswa," ujarnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menampilkan diri, mampu mengekspos minatnya atau kemampuannya dan termotivasi untuk berkreasi. Selain itu juga guna mencari bibit-bibit untuk mewakili SMAN I dalam ajang FLS2N, baik tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.

Dalam pembukaan kegiatan Bulan Bahasa 2018 tersebut semakin semarak dengan kehadiran pendongeng nasional berkelas dunia yaitu kak Agus DS yang menunjukkan kebolehannya sebagai motivator tentang pentingnya literasi di sekolah. Bahkan penampilan kak Agus DS yang kocak tersebut selalu mengundang gelak tawa seluruh siswa dan guru yang hadir. (Rbc)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar