Polsek Sinaboi, Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 8 Hektar

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Kabupaten Rokan Hilir, merupakan Kabupaten produksi asap terbesar dimusim kemarau tahun 2018, di beberapa daerah di Kecamatan dan Desa, terjadi Karlahut dengan bermunculan titik hotSpot.

Informasi yang didapat media ini, bahwa di Kecamatan Sinaboi, juga terjadi kebakaran hutan dan lahan, tepatnya diareal Jalan Sepakat, RT 02/RW 01 Desa Raja Bejamu, dengan titik koordinat 2.25'078" 100.92574".

Kapolres Rokan Hilir, AKBP Sigit Adiwuryanto, SIK.MH, melalui Paur Humas Polres Rohil IPTU Juliardi, SH, membenarkan adanya karlahut yang terjadi diwilayah     Kecamatan Sinaboi.

"Karlahut terjadi di semak belukar, jenis tanah gambut kering diareal Jalan Sepakat Desa Raja Bejamu, sementara pemilik lahannya masih dalam penyelidikan Polsek Sinaboi", terang IPTU Juliardi, SH, Sabtu (18/8/2018).

Personil dilapangan telah berhasil melakukan pemadaman, dan saat ini masih dilakukan pendinginan sekira pukul 10.00 wib, dengan jumlah personil, 6 anggota Polsek Sinaboi, dan masyarakat dipimpin oleh Kapolsek Sinaboi AKP Ruslan.

Sedangkan sarana dan prasarana pendukung diareal lokasi kebakaran tersebut, berupa kenderaan R2 5 Unit dan alat pendinginan 1 unit mesin Robin milik Polsek Sinaboi.

Diterangkan IPTU Juliardi, saat melakukan pemadaman, hambatan personil dilapangan jauhnya jarak tempuh kelokasi karlahut dari Polsek Sinaboi, lebih kurang 30 Km, dan Jarak tempuh dari jalan poros Raja Bejamu menuju lokasi lebih kurang 8 km.

Kendala lain, terbatasnya sumber air dilokasi terjadinya kebakaran, dan jauhnya titik api, sehingga upaya melakukan pemadaman dan pendinginan tidak efektif karena kurangnya peralatan pendukung, seperti selang tidak cukup.

"Kondisi terakhir, lahan yang terbakar mencapai 8 Hektar, saat ini api sudah padam, namun apabila angin kencang, tidak menutup kemungkinan api akan marak kembali, bisa jadi api dari sisa-sisa bara Tunggul kayu yang terbakar tersebut", ungkap Juliardi. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar