DPD KBRC Siak Dikukuhkan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dewan pimpinan Daerah (DPD) Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC) Kabupaten Siak resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC) di Hotel Ratu Mayang Garden Kota Pekanbaru, Minggu malam (5/8/2018).

Pelantikan DPD KBRC Siak ini berbarengan dengan pelantikan DPW KBRC Riau, DPD KBRC Kota Pekanbaru, dan DPD KBRC Kota Dumai.

Ketua DPD KBRC Kabupaten Siak H. Ali Darman, SE atau Haji Al Paten melalui Sekretaris DPD KBRC Siak Wengki Chaniago, M.Ag menuturkan, bahwa pelantikan Pengurus DPD Kabupaten Siak dan 2 DPD lainnya cukup istimewa karena langsung dilantik oleh Ketua Umum DPP.

"KBRC di Provinsi Riau baru terbentuk, dan dalam waktu yang sangat singkat, dapat membentuk 3 Dewan Pengurus Daerah, dan pelantikannya dapat berbarengan”, ucap wengki menirukan pernyataan Ketua Umum DPP KBRC Mamak Edi Riondo Rajo Basa saat menyampaikan kata sambutan.

Sementara itu, untuk di Kabupaten Siak, urang Chaniago sudah mulai dilakukan pendataan, dan sekarang sudah tersebar dibeberapa kecamatan. “Kita sudah berkumpul dan terbentuk diakhir bulan mei 2018 yang lalu, dan awal Juli 2018 ini baru kita bisa merampungkan kepengurusan, dan Alhamdulillah, warga kita sudah terdata di 5 Kecamatan”, tambah Wakil Ketua KNPI Kecamatan Tualang ini.

KBRC adalah wadah silaturrahim bagi masyarakat minang Kabau yang bersuku atau marga Chaniago yang  berada di perantauan. KBRC merupakan perkumpulan urang badunsanak/bersaudara dekat atau berkeluarga.
“Kalau kita lihat Minang Kabau secara historis, diawal sejarahnya minang ini hanya dikenal dengan dua suku saja, yaitu Bodi Chaniago dengan Datuak Parpatiah nan Sabatang, dan suku Koto Piliyang dengan Datuak Katumanggungan. Lambat laun, karena semakin banyaknya keturunan orang Minang Kabau, maka dari dua suku inilah lahir suku-suku yang lain, seperti sikumbang, jambak, koto dan lain sebagainya”, sambung Wengki yang juga Ketua Umum Generasi Mudo Gonjong Limo Kabupaten Siak.

Sebagai gerakan silaturahim kontinyu, lanjutnya, DPD KBRC Siak sudah melaksanakan wirid bulanan, baik itu wirid bulanan gabungan, dan juga wirid bulanan khusus bundo kanduang (kaum ibu-ibu).
Program kedepan yang menjadi prioritas adalah, gerakan ekonomi badunsanak. “sebagai wujud perkumpulan keluarga, kita akan mengonsep gerakan ekonomi badunsanak, yaitu sebuah gerakan yang dapat membantu ekonomi/finansial dunsanak-anggota", tambah Wengki.

Dia berharap, "Kekompakan urang badunsanak ini menjadi kekuatan awal untuk membangun KBRC lebih baik”, tutup Wengki, yang juga Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Siak.

Tampak hadir dalam pelantikan itu, selain tamu internal seperti pengurus DPP KBRC, juga hadir perwakilan Gubernur Riau, dan Wali Kota Pekanbaru, serta tokoh-tokoh Minang Riau (IKMR & Puak-Puak tingkat Propinsi). Selain itu juga hadir tokoh pendidikan seperti wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Riau dan Ketua STAI Masmur Dr. Misharti, S.Ag, M.Si. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar