Digagalkan Oleh Polsek Bangko

60 Ton Semokil Asal Malaysia, Dalam Lidik Sat Reskrim Polres Rohil

Barang bekas asal Malaysia yang berhasil digagalkan Polsek Bangko.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Belum sempat dipasarkan, barang pakaian bekas selundupan berasal dari malaysia sebanyak 60 ton, berhasil digagalkan kepolisian Polsek bangko, di wilayah perairan Rokan Hilir, Minggu (6/5/2018).

Barang bekas tersebut, tiba di Bagansiapiapi melalui pelabuhan tikus, tepatnya dibawah jembatan Pedamaran II, Kecamatan Bangko, dan sudah sempat dimuat ke dalam mobil truk tronton. Selain pakaian bekas juga terdapat sepatu bekas asal Malaysia.

Selain pakaian bekas, petugas juga mengamankan 1 orang nahkoda kapal dan 6 orang anak buah kapal (ABK) serta satu unit kapal motor (KM) Mutiara Indah yang digunakan sebagai tranportasi laut guna mengangkut 60 ton pakaian bekas diduga ilegal tersebut.

Pakaian bekas dan sepatu bekas asal Malaysia itu rencananya akan diseludupkan ke sejumlah daerah di Sumatera. Pihak kepolisian juga memeriksa seluruh isi kapal hingga malam hari. Setelah diamankan, selanjutnya, pihak Polsek Bangko menyerahkan kasus tersebut kepada Polres Rokan Hilir. Sedangkan KM Mutiara Indah diamankan di Polairud Polres Rohil.

Kapolsek Bangko Kompol James Syalom Rajaguguk saat dikomfirmasi media ini mengatakan, bahwa kasus tersebut sudah diserahkan ke Polres Rokan Hilir.

"Memang ada penangkapan dan sudah diserahkan ke Polres untuk penanganan lebih lanjut, silahkan koordinasi dengan sat reskrim Polres", ungkap Kompol James Syalom Rajaguguk, Sik saat dikonfirmasi media ini via whatsApp.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto, Sik.MH melalui Kasat Reskrim Polres Rokan Hilir AKP Faisal Ramzani, saat dikomfirmasi media ini via telepon selulernya, Senin (7/5/2018) mengatakan, terkait penangkapan pakaian dan sepatu bekas asal Malaysia oleh Polsek Bangko, memang kasusnya sudah diserahkan ke Sat Reskrim Polres Rohil.

Faisal menjelaskan, saat ini kasusnya sedang ditangani Reskrim Polres Rohil dan masih dalam penyelidikan. Dan untuk barang bukti, pihaknya sedang melakukan perhitungan berapa pastinya. Sedangkan untuk ABK, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan, dan untuk truk tronton juga sudah diamankan.

"Saat ini kasusnya sedang kita tangani, para ABK juga sedang kita lakukan pemeriksaan keterkaitan mereka terhadap kasus ini. Karena menurut keterangan para ABK, mereka tidak tahu barang itu milik siapa dan mau dibawa kemana. Untuk BB, kita sedang melakukan perhitungan, berapa jumlah pastinya", terang Faisal.

Ditambahkan Faisal, pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus ini, untuk mencari siapa cukong dibalik penyelundupan pakaian dan sepatu bekas asal Malaysia ini. " Yang jelas kita sedang melakukan penyelidikan siapa cukongnya. Dan untuk truk tronton sudah diamankan, tapi supir dan stokernya tidak ada, dan waktu diserahkan ke kita dari Polsek juga tidak ada, mungkin sudah melarikan diri", pungkas AKP Faisal. (RBC)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar