Kebakaran Lahan Gambut di Dusun Sejati Berhasil Dipadamkan Team Karhutla Rohil

Kebakaran lahan gambut di Dusun Sejati Tanah Putih yang berhasil dipadamkan.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Team Penanggulangan bencana Karhutla Kabupaten Rokan Hilir berhasil memadamkan kebakaran lahan gambut yang terjadi diareal RT.02/RW.06, Dusun Sejati Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih. Kebakaran di lahan gambut tersebut diperkirakan terjadi jam 08.30 wib dengan titik kordinat Lat 1'36'33"long 101'14'4".

Tim Karlahut yang dipimpin Kapolsek Tanah Putih AKP Sanusi, tiba di lokasi kebakaran Sekira jam 09.00 wib, dimana titik-titik kebakaran di lahan gambut tersebut merupakan hutan semak belukar.

Dalam pemadaman, personil yang diturunkan terdiri: 11 orang personil Polsek Tanah putih, 15 orang personil TNI, 20 orang personil MPA memungo dan 5 orang personil Brimob. Sedangkan Peralatan yang digunakan dilokasi kebakaran terdiri: 3 Unit mesin air Merk Robin dan 1 Unit mesin air Merk honda.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto,SIK.MH melalui Kasubag Humas Polres Rohil AKP Ruslan, membenarkan kejadian karlahut tersebut, dan team yang dipimpin Kapolsek Tanah Putih telah melakukan pemadaman.

"Lahan yang terbakar luasnya lebih kurang 0,5 Hektar, dengan jarak tempuh kelokasi terjadinya kebakaran dari Polsek Tanah Putih, lebih kurang 35 Km. kelokasi karlahut mengunakan R4 berjarak 45 Menit kelokasi tujuan", terang Ruslan, Sabtu (17/3/2018).

Jarak tempuh dari Pinggir Jalan menuju lokasi terjadinya Karhutla diperkirakan mencapai 3 KM menggunakan R4, dan sementara kondisi terakhir kebakaran lahan gambut tersebut sudah dapat dipadamkan. Hanya tinggal asap kecil saja, namun tetap dilakukan penyiraman untuk pendinginan. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi apabila ada angin kencang sehingga api akan muncul lagi.

"Saat ini lokasi lahan gambut semak belukar yang terbakar telah dipasang police line, dan Sekira jam 17.00 wib, pemadaman telah dihentikan", pungkas AKP Ruslan. (***)


Reporter: Syofyan Rambah.


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar