Pembangunan Technopark Guna Menjawab Persaingan Global 2025

Bupati Pelalawan HM Harris memberikan sambutan di acara Kick off Meeting bersama BPPT RI di aula Bappeda Pelalawan.
PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pencanangan techno park ini telah dilakukan sejak tahun 2012 lalu. Hal ini guna menjawab persaingan globalisasi 2025 serta mendukung program Pelalawan Emas. Techno park ini akan dikelola secara maksimal dengan mengintensifkan penanganan permasalahan yang masih mengganjal, mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya, serta memobilisasi segala dukungan dan kemitraan strategis.
 
Hal ini disampaikan oleh Bupati Pelalawan, HM Harris, dalam sambutannya di acara Kick Off Meeting Techno Park bersama BPPT RI bertempat di Aula Bappeda, Rabu (31/05). Menurutnya, Pemda bersama tim BPPT telah beraudiensi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas guna melaporkan progress pembangunan technopark sekaligus menyampaikan permasalahan-permasalahannya.
 
"Pada kesempatan itu, Bappenas menyampaikan apresiasi atas inisiatif, prakarsa, semangat dan upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Pelalawan bersama BPPT guna mewujudkan pembangunan dan fungsional techno park di Pelalawan, yang juga merupakan program unggulan Jokowi dan JK," ujarnya.
 
Harris mengatakan bahwa apa yang disarankan serta masukan-masukan dari Bappenas adalah sesuatu yang menggembirakan, sebab akan menjadi modal penting guna mempercepat terwujudnya fungsi technopark Pelalawan yang lebih maksimal. Karena itu, lanjutnya, kini hanya bagaimana pihaknya terus menjalin komunikasi ke ke lembaga yang mengkoordinir penyusunan dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah, sehingga apa yang disampaikan oleh Kepala Bappenas bisa terimplementasi ke dalam dokumen RKP di masa yang akan datang.
 
"Pengembangan Techno park pelalawan merupakan pekerjaan yang berat, namun saya optimis dengan keseriusan semua pihak yang terlibat di dalam pengembangan ini akan dapat berjalan dengan baik," tandasnya. 
 
Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Tehnologi, Dr Ir Gatot Dwianto, M.Eng dalam sambutanya mengatakan bahwa keberadaan Techno park merupakan salah satu program Nawacita Presiden Joko Widodo yang akan dilakukan pembangunan dan pengembangan yang berada di Kabupaten Pelalawan dengan luas lahan 3700 hektar dan ini merupakan luas lahan yang paling luas. 
 
"Luas lahan techno park yang ada di Pelalawan ini merupakan yang terluas di Indonesia dari 22 techno park yang akan dikembangkan di wilayah lainnya yakni mencapai 3700 hektar lebih dan ini mendapat apresiasi dari pemeintah pusat," tuturnya. 
 
Untuk itu, lanjutnya, Kick off meeting yang dilakukan pada hari ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Pelalawan dalam pengembangan techno park di Langgam meskipun beberapa ini merupakan pekerjaan yang berat.
 
"Namun semuanya akan dapat kita wujudkan dengan optimisme yang tinggi dan kerja keras semua pihak," tegasnya. (sam/ndy)
 
 
 
Editor : Andy  Indrayanto
 
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar