Resmikan Kantor MPA di Kecamatan Pelalawan, Kapolres Apresiasi PT RAPP

Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo SIK, Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan, Lurah Pelalawan Edi Arifin beserta jajaran berfoto setelah peresmian kantor MPA dan Bhabinkamtibmas.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo SIK menyatakan apresiasi dengan program Desa Bebas Api APRIL yang ditaja oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Karena pada hakekatnya, program ini mengajak masyarakat untuk menjaga lahan mereka dari kebakaran serta turut membantu pemerintah dalam mendukung Pelalawan tanpa asap.

Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di jajaran Polres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo SIK, saat meresmikan pemakaian Kantor MPA dan Bhabinkamtibmas bersempena dengan HUT kecamatan Pelalawan ke 11, Kamis pekan lalu (15/12). Menurutnya, pembangunan kantor MPA dan Bhabinkamtibmas dari reward desa bebas api ini membantu tugas kepolisian.

"Kalau tidak ada kantor ini, Bhabinkabtinmas tidak tahu akan berkantor dimana dan kantor ini juga dapat digunakan masyarakat untuk kantor pertemuan juga nantinya," ujar Kapolres Pelalawan, Ari Wibowo, usai meresmikan pemakaian Kantor MPA dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Pelalawan, Kamis pekan lalu (15/12).

Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM dimintai tanggapannya soal ini menyatakan rasa terima kasihnya pada pihak perusahaan yang telah membangun Kantor MPA dan Bhabinkamtibmas. Apa yang dibangun oleh perusahaan ini diharapkan dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya ang ada di daerah ini.

"Kan bisa misalkan ada perusahaan di kecamatan lain membangun hal yang serupa seperti ini, sehingga kecematan-kecamatan lain juga memiliki Kantor MPA. Dengan begitu, semua elemen dapat terlibat dalam mencegah karhutla di daerah ini," tandasnya.

Lurah Pelalawan, Edi Arifin, saat dimintai komentarnya soal ini mengatakan bahwa tidak terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan cita-cita dari warga Kelurahan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Untuk mencegah hal tersebut, Masyarakat Peduli Api (MPA), Crew Leader, dan Bhabinkamtibmas dan warga sepakat untuk meningkatkan patroli Karhutla.

"Apalagi selama ini, PT RAPP sangat mendukung cita-cita kami, dimana Kelurahan kami sudah mendapatkan mesin pompa air mini striker yang merupakan reward dari program Desa Bebas Api tahun 2015 sebesar Rp 50 juta. Tahun ini berkat kerja keras semua masyarakat, tahun ini kami mendapatkan reward sebesar Rp 100 juta. Akhirnya kami punya kantor MPA dan Bhabinkamtibmas," ujarnya.

Menurutnya, Kantor MPAan Bhabinkamtibas ini bisa sebagai wadah mereka untuk melaksanakan apel dan berdiskusi tentang pekerjaan mereka. Selain itu, PT RAPP juga selama ini telah banyak membantu bibit tanaman diantaranya mangga dan jambu sebanyak 800 buah dan mendapatkan pelatihan budidaya madu untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Manajer program FFVP PT RAPP, Sailal Arimi mengatakan pemberian reward dalam bentuk infrastruktur ini merupakan keberhasilan warga Kelurahan Pelalawan dalam mencegah Karhutla di daerahnya.

"Kita berikan apresiasi masyarakat dalam usahanya menyiapkan lahan tanpa bakar periode 1 November 2015 sampai dengan 30 April 2016. Ini berkat kerja keras masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut. Reward ini diberikan untuk kantor MPA dan Bhabinkabtimnas. Ke depannya kami berharap masyarakat lebih semangat dalam menjaga lingkungannya dari Karhutla," tukasnya. (sam)


Editor    : Andy I


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar