Raih Penghargaan Terbaik 1 Pembangunan Daerah Provinsi Riau 2024, Kabupaten Pelalawan Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

 

PELALAWAN – Kabupaten Pelalawan kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini, daerah yang memiliki motto Tuah Negeri Seiya Sekata ini menjadi pemenang terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Ptovinsi Riau tahun 2024 untuk kategori Kabupaten se-Riau.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan, Tengku Zulfan, pada media ini, Selasa (26/3/2024). Menurutnya, PPD Provinsi Riau tahun 2024 meliputi 2 tahap penilaian yakni  penilaian teknis dokumen serta wawancara dan verifikasi.

"Untuk pemenang kategori tingkat Kabupaten se-Riau yakni pemenangnya Kabupaten Pelalawan terbaik I, Kabupaten Kampar terbaik II dan Kabupaten Rohul terbaik III. Sementara untuk kategori kota diraih Kota Dumai terbaik I dan Kota Pekanbaru," ujarnya.

Dia mengatakan, bahwa pengumuman pemenang tersebut disampaikan melalui surat dari Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Perencanaan Daerah Penelitian dan Pengembangan dengan nomor surat 000.7/BAPPEDALITBANG -Sekr/2024/0131.

"Penilaiannya dari berbagai aspek, yakni 
pencapaian pembangunan termasuk pencapaian program spesifik daerah, kualitas dokumen perencanaan tahunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah), proses penyusunan dokumen perencanaan RKPD tahunan dan
inovasi daerah yang dimajukan kali ini adalah inovasi “Klik Pelalawan” dengan fitur unggulan “Lapor Bup” dan lain sebagainya," terangnya.

Lanjutnya, dan hasil ini menjadikan Kabupaten Pelalawan melaju mewakili Provinsi Riau untuk kategori kabupaten ke Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional. Bersyukurnya lagi, di tingkat nasional ini Kabupaten Pelalawan sejauh ini sudah berhasil masuk dalam 10 besar nasional untuk tingkat kabupaten dan telah dilakukan verifikasi tahap 2 berupa wawancara/FGD dan besok akan dilakukan verifikasi lapangannya oleh Tim Penilai Pusat PPD 2024 dari Bappenas.

"Untuk 10 besar tingkat nasional ini, Kabupaten Pelalawan bersaing dengan 9 kabupaten lainnya yakni Banggai, Banyuwangi, Garut, Gowa, Hulu Sungai Selatan, Klungkung, Lampung Tengah, Tanah Datar dan Temanggung. Dan 10 (sepuluh) Kabupaten se-Indonesia ini akan menjalani proses tahap II wawancara dan verifikasi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 maret hingga 5 April 2024,“ paparnya.

Dikatakannya, Tim Penilai Pusat PPD 2024 dari Bappenas akan melakukan verifikasi lapangan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang mendapat manfaat program unggulan dan program kerjasama pembangunan infrastruktur dengan CSR Perusahaan seperti Tugu Bono yang dibangun EMP Bentu, Jalan Lingkar Timur dan jalan loging yang dibangun PT. RAPP berdasarkan MoU dengan Perusahaan.

"Begitu juga dengan realisasi lapangan seperti program bantuan anak yatim, janda tua/lansia, pemuka agama (imam/gharim/tokoh agama lainnya ), UHC, dan lain-lain," tukasnya. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar