Kapal Mini Tanker Angkut Minyak Milik Pertamina Tabrak Jembatan Kaca Skywalk, Tiang Jembatan Patah

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kesunyian malam di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mampura Kabupaten Siak mendadak eboh. Pasalnya, jembatan kaca atau Skywalk Tengku Buwang Asmara kebanggaan masyarakat Kota Istana patah disenggol oleh Kapal mini tanker SPOB Wijaya Kesuma III.

Setelah menyenggol tiang penyanggah jembatan Skywalk, kapal tanker pengangkut minyak tersebut kabur, beruntung petugas dengan sigap mengejar kapal tanker mitra Pertamina tersebut.

"Wah, besar kali suara tabrakannya bang, kami semua kaget, pas kami lihat kearah sungai rupanya jembatan Skywalk yang ditabrak. Usai nabrak tiang jembatan, kapal itu langsung tetap berlayar bang, cuma tadi ada petugas juga yang ngejar kapal tersebut," kata Adi warga sekitar kejadian.

Akibat kejadian tersebut, warga silih berganti datang melihat tiang jembatan Skywalk tahap 2 yang belum rampung dikerjakan tersebut.

Dijelaskannya, tabrakan itu terjadi sekitar pukul 20.25 WIB, akibatnya tiang penyangga jembatan Skywalk tahap 2 tersebut patah menjadi 3 bagian. 1"Jadi takut rasanya mau naik jembatan tu kalau dah siap besok," jelasnya.

Ditabraknya jembatan Skywalk Tengku Buwang Asmara atau jembatan kaca tersebut dibenarkan oleh Dinas PU Kabupaten Siak. "Iya Benar bang, kejadiannya malam ini. Kita langsung respon dan menelpon Kapolres Siak serta diteruskan ke Pol Airud dan KSOP Pekanbaru," kata Kabid Bina Marga Dinas PU Tarukim Siak, Arief Aditya kepada awak media, Jum'at (12/1/2023).

Arif menjelaskan, bahwa pihak kapal pun siap bertanggung jawab atas kelalaian mereka. Namun ada prosedur yang harus dipenuhi lantaran kapal pengangkut minyak itu mitra PT Pertamina.

"Pihak berwajib tadi langsung menelepon nahkoda kapal. Mereka siap bertanggung jawab. Maka itu, besok pihak kontraktor menyurati kita, dari dasar surat itu lah nanti pihak kapal memperbaiki," ujarnya.

Perihal kapal mini tanker tersebut langsung kabur usai menyenggol tiang jembatan, Arif manambahkan, bahwa kapten kapal takut diamuk masa. "Info dilapangan, mereka langsung kabur karena takut diamuk massa," jelas Arif.

Tiang jembatan, lanjut dia, merupakan pengerjaan tahap dua. Namun bentangan kaca pada jembatan tidak pecah. "Bentangan kacanya tidak pecah, hanya miring. Besok pagi langkah yang kita lakukan membawa kren untuk antisipasi," ujarnya.

Pembangunan jembatan skywalk ini dikonsep spesifik dalam konstruksinya adalah ornamen ”Dancing Light, Spot Tempered Glass untuk lantai dan pagar dekoratif.

Untuk diketahui, pembangunan Sky Walk Tengku Buwang Asmara di Kecamatan Mempura ini dilaksanakan dalam 3 tahapan pekerjaan. Tahap pertama dilakukan pada 2022 dan dilanjutkan dengan tahap kedua dan ketiga pada 2023 dan 2024.

Pembangunan tahap pertama dengan panjang 274 meter sudah selesai pada Desember 2022. Pembangunan tahap kedua sepanjang 420 meter pada 2023 lalu. Dan pembangunan tahap ketiga dengan panjang 360 meter akan dilaksanakan pada 2024 ini. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar