Pemkab Rohil Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu Anggaran Pilkada

KPU dan Bawaslu Rohil Teken NPHD Anggaran Pilkada 2024

Rohil (RBC)Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyerahkan dana hibah sebesar Rp 58,1 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) guna penyelenggara Pilkada Tahun 2024

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemda Rohil dengan KPU dan Bawaslu, Kamis 9/11/23) malam di Mess Pemda jalan Perwira Bagansiapiapi

Penanda tanganan Bersama Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si, Ketua KPU Supriyanto dan ketua Bawaslu Zubaidah turut disaksikan anggota DPRD Rohil Hermawan, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Asisten, beberapa kepala OPD dan berbagai unsur lainnya.

Dalam penandatanganan NPHD itu, KPU Rohil menerima hibah sebesar Rp 41,6 miliar. Sementara Bawaslu mendapatkan hibah Rp 16,5 miliar.

Ketua KPU Rohil Supriyanto  mengatakan penandatanganan karena sudah berjalan tahapan awal penandatanganan NPHD Pilkada. Penandatanganan NPHD antara Pemda Rohil dan KPU maupun  Bawaslu adalah pertama kali se-Provinsi Riau

"Dengan penandatanganan NPHD ini, tentu sangat membahagiakan Sebab, Kabupaten Rohil merupakan pertama se-Provinsi Riau, "katanya.

Dimana Anggaran di hibahkan jika dilihat memang tergolong besar. namun  dana telah memiliki pos masing- masing .Sedangkan Anggaran Terbesar merupakan anggaran honorium itu pun telah berupaya merasionalisasi anggaran se kecil mungkin dari anggaran sebelumnya.

" Sebagai Petugas penyelenggara Pemilu, dalam pengelolaan anggaran kita sangat terbuka. Penggunaan anggaran dilakukan penghematan yang cukup besar," jelas Supriyanto.

Sesudah Penandatanganan NPHD ,lanjut dia paling lambat 14 hari telah mentransfer sebesar 40 persen dari Pagu NPHD ke rekening penampung di kelola KPU Rohil di Register di Dirjen Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dicadangkan tahapan penyelenggaraan Pilkada masih belum berjalan

"Jadi anggaran itu belum bisa digunakan sampai tahapan pelaksanaan Pilkada dimulai," paparnya.

Senada disampaikan Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah penandatanganan NPHD merupakan pertama se-Provinsi Riau. Pihaknya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemda Rohil.

Dijelaskan Zubaidah dana hibah diberikan kepada Bawaslu sebesar Rp 16,5 miliar juga memiliki pos anggaran masing-masing dan proses pencairan tahap awal 40 dan tahap kedua 60 persen.

"Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati atas kemudahan diberikan dalam melaksanakan Pilkada 2024 mendatang," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan total dana hibah diberikan kepada KPU dan Bawaslu sebesar Rp 58,1 miliar. untuk tahun 2023 akan dicairkan sebesar 40 persen.

Pemda telah menandatangani NPHD antara Pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang

Menurutnya Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya Pilkada serentak tahun 2023 mendatang dan akan senantiasa bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu.

"Kami yakin KPU dan Bawaslu Rohil sangat profesional menjalankan tugas baik dalam segi penggunaan anggaran dan penyelenggaraan Pilkada," paparnya.

Bupati berharap penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang dapat berjalan aman dan damai (*)

Syofyan Rambah 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar