Ritual Bakar Tongkang di Rohil Mampu Sedot Dunia

Tahun Depan Festival Bakar Tongkang Rohil Akan Tampil di TMII

Ritual Bakar Tongkang di Rohil/Istimewa

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dipastikan, Festival Ritual Bakar Tongkang (RBT) dan Pameran Produk Lokal yang berasal dari Kabupaten Rohil akan diikutsertakan dalam pameran yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tahun 2017 mendatang.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh Kementrian Pariwisata RI melalui pesan yang disampaikan oleh TNI Perwira Penghubung (Pabung) perwakilan Jakarta-Riau. Karena itu, Bupati Rohil meminta Plt Sekda untuk secepatnya melakukan rapat pembentukan panitia agar festival RBT di TMII ini berjalan dengan sukses.

"Kumpulkan seluruh SKPD dan lakukan pembentukan panitia. Selain itu, produk-produk lokal seperti kacang pukul, udang pukul, kerupuk udang dan kerajinan tangan Rohil lainnya juga harus ikut dipamerkan di TMII," pintanya, Selasa pekan lalu (24/5).

Katanya, Badan Penghubung Perwakilan Jakarta-Riau telah menjumpai dirinya dan menyampaikan pesan dari Kementrian Pariwisata agar Rohil di tahun 2017 mendatang bisa tampil kembali mengikuti festival RBT di TMII.

"Jadi supaya moment berharga ini tidak hilang, kita meminta Plt Sekda untuk memasukkan anggarannya di APBD 2017 mendatang," ujar Bupati Rohil terpilih itu.

Ditambahkannya,acara ritaul bakar tongkang dianggap sukses sehingga menarik perhatian masyarakat luas bahkan sampai ke manca negara. Jadi ini merupakan momen yang sangat tepat untuk terus mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir.

"Kegiatan RBT banyak mendapatkan pujian, salah satunya berasal dari managemen TMII itu sendiri. Karena pihak managemen pada waktu ini menilai ritual bakar tongkang ini mampu menyedot perhatian yang cukup besar," pungkas Suyatno. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar