Ratusan Siswa SMP 4 Tualang Ikut Khatam Al Qur'an

Kepsek Erni : Semoga Memotivasi Anak Untuk Belajar Al Qur'an

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 115 Siswa SMP 4 Tualang mengikuti Pawai Ta'aruf dan Khatam Al Qu'an Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) Nurul Ilmi di ruang labor SMP 4 Tualang, Senin (19/6/2023) sekitar pukul 07.30 WIB.

Sebelum melaksanakan Khatam Al Qur'an, para santri maupun santriwati SMP 4 Tualang terlebih dahulu melaksanakan Pawai Ta'aruf, Pawai Ta'aruf yang dimulai dari Halaman Kantor Kampung Pinang Sebatang sampai di SMP 4 Tualang, para santriwati dan santri menempuh jarak kurang lebih 500 meter dengan diiringi suara Kompang serta penampilan Himpunan Seni Silat Indonesia. Terlihat Santri dan Santriwati antusias mengikuti pawai ta'ruf dengan seragam lengkap berwarna gamis putih dan memegang Al quraan, sementara peserta lain, ada yang memakai baju melayu.

Kepala Sekolah SMP 4 Tualang Erni M.Pd dan sekaligus penanggung jawab MDTW Nurul Ilmi SMP 4 Tualang mengatakan, acara khatam Al quran sangat sakral, dilakukan setiap tahun, tapi tahun kemarin tidak dilaksanakan karena Covid-19.
"Alhamdulilah acara ini kembali dilakukan tanpa biaya dan tidak diminta ke anak-anak, jadi untuk komsumsi anak-anak, mereka masing-masing bawa dari rumah," kata Erni dalam sambutannya.

Dijelaskan Erni, Kegiatan MDTW dilakukan di setiap sekolah menengah pertama di Kecamatan Tualang termasuk di SMP 4 Tualang. "Apabila siswa SMP tidak memiliki sertifikat MDTW, maka siswa  tidak bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu SMA. Jadi MDTW ini wajib dilakukan untuk siswa muslim agar memotivasi anak untuk belajar dan mencintai Al Qu'an," ujar dia.

Dia berkeinginan agar anak-anak dapat mengamalkan Al Qur'an dalam kehidupan sehari hari dan sebagai pedoman hidup nantinya.

Penghulu Kampung Pinang Sebatang Arizal melihat anak yang khatam Al qur'an mengingatkan dirinya saat mengemban ilmu di Pondok Pasantren beberapa tahun lalu. "Saya ini mantan santri adik-adik, jadi jangan bosan dan harus semangat belajar Al Qur'an," jelas Penghulu Mudo ini.

Pendidikan MDTW ini merupakan pendidikan non formal terintegritas di SMP 4 Tualang, sangat bagus dilakukan. "Saya sangat mendukung penuh, ini merupakan acara kegaamaan dan positif dilakukan. Luar biasa, saya gembira melihat adik-adik belajar Al-qur'an. Kalau mahir membaca Al quran silahkan ajarkan ke adik-adik semoga semua kita mendapatkan keberkahan dari allah swt," tutupnya.

Khatam Al qur'an langsung  di pandu oleh ustad Ramhot Nasution. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar