Staf Ahli Menpora Buka Turnamen Bola Volly Tingkat Pelajar SMA/SMK se Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Ditandai dengan pemukulan bola, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo yang di wakili oleh Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Dr. Drs. Yohan didampingi Bupati Pelalawan H. Zukri Misran membuka secara reemi Turnamen bola Volly tingkat Pelajar SMA/SMK se Kabupaten Pelalawan piala PBVSI Kabupaten Pelalawan di Gelanggang Olahraga (GOR) Tengku Pangeran Kabupaten Pelalawan, Sabtu (20/5/2023).

Ketua PBVSI Kabupaten Pelalawan yang juga sebagai Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, SH, MH mengatakan, bahwa untuk menjaring dan memupuk bibit-bibit atlit bola volly di daerah yang berjulukan tuah negeri seiya sekata, PBVSI Kabupaten Pelalawan akan terus mengadakan turnamen setiap tahunnya. Turnamen bola volly ini bukan tingkat remaja saja yang dilaksanakan, tapi tingkat pelajar juga digelar. Dalam turnamen bola volly tingkat pelajar SMA/SMK sederajat ini diikuti oleh 16 tim se Kabupaten Pelalawan.
        
"Turnamen bola volly akan terus kita gelar setiap tahunnya, yang tujuannya untuk  mencari bakat-bakat asal Kabupaten Pelalawan, untuk mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan di kancah tingkat Propinsi, Nasional atau Internasional. Turnamen bola voli ini merupakan turnamen yang memperebutkan piala Ketua PBVSI. Saya sangat berharap ajang ini mampu memperoleh bibit-bibit pebola volly yang akan meneruskan perjuangan para atlit bola volly yang mewakili daerah berjulukan Tuah Negeri ini untuk berkiprah  di ajang antar daerah maupun nasional ke depan," terangnya.
        
Sementara itu, Bupati Pelalawan H. Zukri dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi PBVSI Pelalawan yang selalu aktif melakukan kompetisi untuk melahirkan bibit-bibit atlet Volly Kabupaten Pelalawan. Semoga dengan adanya kompetisi ini atlet bola volly Kabupaten Pelalawan bisa memiliki prestasi yang akan mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.
        
"Kepada adek-adek peserta turnament PBVSI Kabupaten Pelalawan ini saya ucapkan selamat bertanding, jaga sportifitas dan tetap semangat. Kalau mau jadi atlet, jadilah atlet yang baik. Kalian semua ini adalah generasi penerus bangsa dan penentu bangsa, penentu Kabupaten Pelalawan kedepannya. Apapun yang kalian ikuti tekunilah dengan baik. Kalian suka Volly, tekunilah Volly dengan baik, kalian suka bola kaki tekunilah bola dengan baik. Apapun itu hobbi kalian tekunilah dengan baik, jadikan sesuatu yang positif sehingga bisa menjadi sumber penghidupan bagi kalian generasi penerus bangsa," kata Zukri.

Bupati Zukri menambahkan, sebagai generasi penerus bangsa kalian harus bisa menata kehidupan ini dengan penuh optimisme. "Yakin bahwa kita bisa menjadi anak-anak yang membanggakan orang tua, membanggakan bangsa dan negara. Yakinkan dalam diri bahwa kalian akan menjadi orang-orang yang terbaik," pungkas Zukri
        
Staf Ahli Kemenpora RI Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Dr. Drs. Yohan, M.Si saat mengatakan bahwa saàt ini Kementerian Olaharga kembali menggalakkan dan menggelorakan olahraga yang di Indonesia. Program olaharaga ini akan dibuat dari tingkat perkotaan dan sampai tingkat perdesaan. Program ini merupakan impian Mempora RI  dengan menjaring atlit yang berkualitas keseluruh penjuru pelosok Indonesia.
          
"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf Mas Dito yang tidak bisa hadir pada pembukaan turnamen bola volly tingkat pelajar SMA/SMK sederajat se Kabupaten Pelalàwan ini, namun karena beliau dipanggil Presiden," jelasnya.

Menurut Yohan, dengan kehadiran Bapak Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, banyak program yang ingin dikembangkan, yang ingin ditingkatkan untuk kemajuan olahraga di Indonesia. "Kemarin sudah terbukti, dengan spirit dari pak Menteri, Timnas kita berhasil mendapatkan medali emas di Sea Games Camboja. Dan ini tentunya penantian 32 tahun yang perlu kita syukuri," ujar Yohan.

Ada beberapa program, lanjut Yohan, yang sudah menjadi agenda dan ingin dikembangkan oleh Menpora yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021. Salah satu diantaranya adalah bahwa Pemerintah harus bekerjasama untuk bisa meningkatkan olahraga-olahraga baik yang ada di masyarakat, olahraga di pendidikan maupun olahraga prestasi.

"Atas dasar itu, Bapak Menpora sangat menyambut baik atas penyelenggaraan turnament antar pelajar SMA/SMK sederajat se Kabupaten Pelalawan ini," jelas Yohan.

Yang kedua, mengapa Menpora sangat mendukung terselenggaranya turnament ini, karena saat ini sesuai arahan Presiden itu akan digerakkan yang namanya turnament antar kampung (Tarkam). "Antar kampung ini bisa menyangkut olahraga yang digemari seperti bola kaki, Volly atau yang lainnya. Bisa juga olahraga-olahraga yang tradisional yang saat ini banyak dari kita sudah melupakannya, seperti bola kasti dan lainnya," terang Yohan.

Yohan juga mengatakan, selain mengembangkan program-program keolahragaan, Menpora juga akan mengembangkan program-program kepemudaan. Menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, itu yang namanya pemuda itu adalah yang berusia 16 sampai 30 tahun.

"Yang ingin ditingkatkan adalah bagaimana pemuda itu bisa menunjukkan keberadaannya untuk bisa lebih maju dalam membangun bangsa dan negara kita Indonesia. Tentunya program-program ini nantinya kami akan melakukan kordinasi dengan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia melalui Dinas Pemuda dan Olahraga sesuai Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pengerak kaum muda untuk bisa menjadi pemuda-pemuda yang tangguh, yang maju. Terkait turnament antar pelajar ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit olahraga sehingga melahirkan atlet-atlet andalan dari Kabupaten Pelalawan ini," tukas Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Dr. Drs. Yohan.

Tampak ikut hadir pada pembukaan turnament Bola Volly PBVSI Kabupaten Pelalawan itu, Sekdakab Pelalawan Drs. Tengku Muhklis, Ketua Umum KONI Kabupaten Pelalawan Supratman SE, Kadis  Parpora Kabupaten Pelalawan Dodi Asmaputra, Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Tengku Zulfan, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Pelalawan Tengku Junaidi, M.Ap dan tamu undangan lainnya. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar