Frederick Ginting, Siswa Mutiara Harapan RAPP Sabet Medali Emas di Olimpiade Internasional

Frederick Nathanael Ginting dari SMA Sekolah Mutiara Harapan berhasil menjuarai International Junior Mathematics Olympiad di Singapura.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Siswa SMA Sekolah Mutiara Harapan (SMH) PT RAPP kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Frederick Nathanael Ginting, siswa kelas 12 berhasil meraih Gold Medal pada International Junior Mathematics Olympiad (IJMO) di Singapura (5/12/2022).

Sekolah Mutiara Harapan yang merupakan sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) grup APRIL, mengirimkan 3 siswa terbaiknya yaitu Frederick Nathanael Ginting siswa kelas 12, Kelvin Berliano siswa kelas 11, dan Nico Piere Simarmata siswa kelas 11 yang berkompetisi dengan delegasi dari 40 negara lainnya.

 

Frederick berhasil meraih Gold Medal dan keluar sebagai Overall Runner Up. Sementara Nico mendapatkan Honorable Mention.

Frederick yang bercita-cita menjadi seorang professor mengungkapkan perasaan senangnya karena bisa mengharumkan nama baik sekolah di kancah Internasional. Prestasi ini tentu saja turut membanggakan kedua orang tuanya yakni Eduward Ginting dan Diana Iranta Sinulingga.

"Pastinya senang dan bangga karena dapat hasil yang memuaskan setelah berlatih sebanyak mungkin dan mempelajari soal-soal tahun sebelumnya, kalau ada materi yang belum dipelajari saya mencari materinya dari buku, internet, atau bertanya kepada guru matematika Mr Jared dan pembimbing olimpiade saya Ms Putri," ungkap Frederick.

Guru pendamping tim olimpiade SMH, Ade Putri juga menyampaikan rasa bangga atas pencapaian anak didiknya. "Pihak sekolah sangat bangga terhadap Frederick, Nico dan Kelvin, mereka telah mengharumkan nama sekolah, bangsa dan negara. Pada dasarnya anak-anak ini memang menyukai matematika, jadi mereka semangat belajarnya tinggi menjelang kompetisi," ungkap Putri.

Kepala Sekolah SMA SMH Lei Suang berharap prestasi yang ditorehkan Frederick menjadi motivasi bagi seluruh siswa di SMH dan pelajar di Pelalawan agar terus mengembangkan potensi diri mereka.

"Prestasi ini sangat membanggakan sekali, terima kasih kami haturkan kepada guru-guru kami yang telah membimbing sepenuh hati, kami juga mengapresiasi perusahaan dan seluruh murid-murid kami yang menyemangati," ujar Lei Suang penuh haru.

IJMO merupakan puncak dari beberapa lomba sebelumnya oleh Singapore International Mastery Contest Centre (SIMCC), sebuah lembaga penyelenggara kompetisi untuk segmen pendidikan tingkat Internasional yang menyelenggarakan American Math Olympiad (AMO) bersama Singapore and Asian Math Olympiad (SASMO). Hanya peraih Gold dan Silver dari AMO dan SASMO yang bisa melanjutkan ke IJMO. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar