Pelayanan Dukcapil Lebih Baik, Warga Tualang Akui Buat KTP Satu Hari Siap

Pelayanan Dukcapil Kecamatan Tualang Siak.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Masyarakat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Jepri, mengaku sangat puas dengan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di Kecamatan Tualang.

Kenapa tidak, dulunya masyarakat di setiap Kecamatan harus menempuh perjalanan paling lama tiga jam menuju ke ibukota Kabupaten Siak hanya untuk kepengurusan KTP, KK dan akte kelahiran di kantor Disdukcapil Kabupaten Siak.

Semenjak program Bujang Kampung atau Bupati kerja dan mengantor di Kampung, kepengurusan Disdukcapil seperti KK, KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, surat perkawinan non muslim cukup berada di Kecamatan seperti di Kecamatan Tualang, Kecamatan Kandis dan Kecamatan Siak. Masyarakat yang tinggal di Kandis maupun di Tualang tidak perlu lagi datang ke Siak cukup di Kecamatan masing-masing sudah bisa. 

"Iya bang, sekarang lebih muda, kami tinggal datang kekantor Disdukcapil Tualang, KTP maupun KK satu hari langsung jadi. Kemaren aja adik saya rekam pagi, sore dah bisa diambil KTPnya," jelas Jepri warga Kampung Tualang saat dijumpai di kantor Disdukcapil Kecamatan Tualang, Rabu (13/7/2022).

Dijelaskannya, perbandingan pelayanan kemaren sama sekarang jauh lebih baik sekarang dari pada kemaren. "Kita tidak perlu lagi harus ke Siak, bawa syarat-syarat yang dibutuhkan langsung jadi di Kecamatan, lebih irit hemat dan cepat," jelas dia. 

Dia menyarankan, agar kantor Disdukcapil Kecamatan Tualang diperbesar lagi agar dirinya bersama masyarakat lain lebih nyaman dan tidak berdesakan saat buat KTP, KK dan lain sebagainya. "Kalau ramai datang dalam kepengurusan, paling kami antri dan berdesakan di tempat tunggu saat mengisi formulir pendaftaran, cuma itu tidak lama, semoga ada solusi terbaik," imbuhnya.

Kordinator wilayah Kependudukan dan Catatan Sipil Kecamatan Tualang, Abdul Somad membenarkan bahwa saat ini pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akte tidak perlu harus datang ke Siak. "Cukup ke kita saja, Insyaallah secepatnya selesai, kalau tidak ada gangguan jaringan ataupun aplikasi Siak terpusat, maka satu hari selesai dalam pembuatan KTP," jelasnya.

Apabila ada gangguan, lanjut dia, dirinya akan menyampaikan ke masyarakat agar bersabar, sampai gangguan tersebut kembali pulih. "Paling lama lima hari apabila ada gangguan jaringan. Kita akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Tualang," imbuhnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Tualang yang ingin membuat KTP, KK, akte kelahiran harus lengkapi persyaratan dulu, tetap wajib Protokol kesehatan. "Antar persyaratan, isi formulir, rekam kalau untuk KTP,  habis itu input data, Insyaallah secepatnya langsung jadi," tandasnya. (infotorial/van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar