Sertu Afrisal Lakukan Sosialisasi Karhutla di Pangkalan Pisang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa  Pangkalan Pisang  Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Afrisal, melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib. Dalam sosialisasi itu, ia juga memastikan lahan dan hutan di Kampung Pangkalan Pisang tidak terbakar. 

"Saat ini, Kampung Pangkalan Pisang nihil dari titik api," kata Sertu Afrisal kepada Riau Bernas, Jum'at (8/10/2021).

Membuka lahan, lanjut dia, jangan dibakar, kan masih ada cara lain dalam membuka atau membersihkan lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja dilakukan secara manual melalui menebas, menyabit, atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," tutupnya.

Ia juga menyampaikan dampak jika terjadi Karhutla. "Dampaknya cukup besar, dari merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. Karena itu mari sama-sama kita jaga hutan dan lahan agar tidak terbakar," ingatnya. 

Bagi masyarakat yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, maka akan dipidana. "Penjara paling lama 10 tahun, maka jangan lakukan itu," tegasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar