Simulasi Pemungutan Suara, Bupati Suyatno Minta Penyelenggara Harus Profesional

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir mengelar simulasi pemunggutan suara dan perhitungan suara pemilu Tahun 2019, bertempat dihalaman kantor BPKAD, Sabtu (06/4/2019).

Ketua KPU Rokan Hilir Supriyanto menjelaskan, simulasi bertujuan untuk mengetahui kondisi sebenarnya pelaksanaan pemunggutan suara, seperti diperagakan di TPS 06 Kelurahan Bagan Kota Kecamatan Bangko.

Simulasi ini ril dan lengkap, semua penyengara hadir baik KPPS, Petugas Linmas, saksi masing-masing  Parpol, peserta DPT, TPS 06 warga dari Kelurahan Bagan Kota.

Simulasi jadi Barometer pelaksanaan pemilu 2019, bahkan dalam pelaksanaan terlihat bila adanya terjadi kecurangan di TPS. KPPS yang bertugas mulai 10 April 2019 sebulan lamanya.

"Saya berterima kasih kepada jajaran Polres Rohil dalam pengamanan pemilu mulai pendistribusian hingga pengembalian kotak suara nantinya", ucap Supriyanto.

Sementara Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, SIK.MH menyatakan, bahwa pemilu tahun 2019 berbeda pada pelaksanaan dengan pemilu tahun sebelumnya. "Kita harapan semua harus bertanggung jawab,  Insyallah, pemilu akan adil dan lancar", pintanya.

Menurut Sigit, simulasi untuk menyamakan persepsi, walaupun peserta yang hadir sebanyak 130 orang atau 300, paling tidak simulasi pemilu dapat mengetahui pelaksanakan waktu yang termakan.

"Polri siapkan pengamanan bertindak dengan baik apabila pemilu bertindak adil, tetap aman dan kondusif, dan jangan menjadi suatu pemicu", Sigit mengingatkan.

Bupati Rohil H. Suyatno menjelaskan, simulasi sangat penting, tanpa Simulasi ini masyarakat tidak akan mengetahaui. "Tanpa simulasi, masyarakat tidak akan mengerti bagaimana untuk mencoblos, bayangkan surat suara lebarnya seperti tikar sembahyang", papar Suyatno.

Menurut Bupati, pemilu kali ini, bagaimana tingkat partisipasi pemilih meningkat, berkaca pada pemilu tahun lalu, Rohil partisipasi pemilih 51 persen, lantaran masyarakat tidak mengetahui. Pemerintah Rohil menyambut Baik dan mendukung simulasi agar partisipasi meningkat.

Bupati Suyatno mengatakan, untuk Kecamatan Bagan Sinembah, menyiapkan 20 unit mobil untuk pendistribusian logistik. "Kita menginginkan tenaga yang profesional agar rohil kondusif dan aman,  partisipasi pemilih bisa tinggi", tandasnya. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar