Mengganggu Kamtibcar Lantas, Parkir Sembarangan di Badan Jalan Akan di Tindak

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sat Lantas Polres Pelalawan bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan akan menindak kendaraan yang parkir sembarangan di badan jalan. Karena parkir sembarangan di badan jalan dapat mengganggu Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalulintas (Kamtibcar Lantas) bagi pengendara lain.

Bahkan dalam beberapa kasus, kecelakaan dan kemacetan yang panjang dan berjam-jam, karena disebabkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan dibadan jalan. 

Seperti yang terjadi di Kota Pangkalan Kerinci, tepatnya antara simpang Lampu Merah sampai ke Pos I PT. RAPP selalu terjadi kemacetan yang panjang dan lama, karena di sebabkan oleh banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan di kanan kiri badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan yang panjang dan lama. 

Berdasarkan pantauan media ini dilapangan, dari simpang Lampu Merah menuju ke Pos I bisa memakan waktu sampai 30 Menit, padahal antara simpang Lampu Merah ke Pos I tersebut hanya berjarak sekitar 200 Meter yang hanya membutuhkan waktu perjalanan paling lama 3 Menit. 

"Untuk antara simpang Lampu Merah ke Pos I, Sat Lantas Polres Pelalawan bersama dengan Dishub Pelalawan sudah memasang tanda larangan parkir sembarangan dibadan jalan, karena sudah menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengendara lain," ucap Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Lily Sulfiani, S.Ik kepada media ini, Kamis (17/2/2022).

AKP Lily menegaskan, Untuk larangan parkir sembarangan dibadan jalan tersebut tidak hanya berlaku di simpang Lampu Merah sampai Pos I saja, tetapi juga berlaku di seluruh wilayah hukum Polres Pelalawan. 

"Saya himbau kepada semua pengendara agar tidak parkir sembarangan di badan jalan. Kalau masih kedapatan parkir sembarangan dan menyebabkan macet, maka akan kita tindak sesuai Undang Undang Lalulintas Angkutan dan Jalan No 22 tahun 2009. Bahkan bisa di pidana kalau sampai menyebabkan korban jiwa," tegas AKP Lily. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar