Cegah Karhutla, Koptu K Manullang Sisir Lahan Dan Hutan Bersama Masyarakat

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya Karhutla, Babinsa Kampung Pinang Sebatang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Koptu K Manullang menyisir hutan dan lahan yang dinilai rawan terhadap terjadinya kebakaran bersama masyarakat Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam penyisiran bersama masyarakat itu, Ia tidak menemukan titik api, artinya Kampung Pinang Sebatang nihil dari titik api. Dijelaskannya, bahwa masyarakat Kampung Pinang Sebatang sepakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. 

"Masyarakat sepakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap dipidana. Masyarakat berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan," kata Koptu K Manullang kepada Riau Bernas saat melakukan patroli Karhutla bersama masyarakat di Kampung Pinang Sebatang, Jum'at (25/6/2021).

Koptu K Manullang juga menjelaskan dampak dari kebakaran hutan dan lahan ini. "Dampaknya cukup besar, mulai dari merusak ekosistem hutan dan lahan, juga menyebabkan polusi udara," kata dia. 

Ia juga meminta masyarakat Kampung Pinang Sebatang untuk berperan aktif memantau dan mengawasi titik api di Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar